Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Apakah setiap muslim pasti mukmin, ataukah ada perbedaan antara Islam dan iman?

Posted by infosyiah pada 0, Februari 24, 2007

Soal: Apakah setiap muslim pasti mukmin, ataukah ada perbedaan antara Islam dan iman?

Jawab: Dalam al-Quran ada ayat yang menjelaskan bahwa manusia masuk Islam secara berkelompok-kelompok “Yadkhuluna Fi Dinillahi Afwajan” (Nashr: 2). Dalam ayat lain disebutkan bahwa orang-orang yang mengaku beragama oleh al-Quran diperingatkan bahwa kalian belum beriman. Iman belum sampai ke dalam hati kalian “Wa Lamma Yadkhulil Iman Fi Qulubikum” (Hujurat: 14).

Masuk Islam adalah perkara mudah. Setiap orang yang mengucapkan Syahadatain terhitung sebagai seorang muslim. Tahapan ini hangat. Sementara tahapan di atas hangat adalah kepanasan. Para sahabat Nabi dengan perasaan bergejolak hendak pergi ke medan perang. Mereka siap mengorbankan jiwanya di samping Nabi Muhammad saw. Sikap ini diperingatkan oleh al-Quran dengan mengatakan bahwa bila kalian memiliki agama, maka khumus dan harta pampasan perang harus dikeluarkan. “Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak- anak yatim, orang- orang miskin dan ibnu sabil, jika kamu beriman kepada Allah” (Anfal: 41).

Benar, orang-orang yang telah mengucapkan dua kalimat syahadat dan berada di sisi Nabi Muhammad saw di medan perang, dalam masalah harta menunjukkan kerapuhan. Al-Quran mengatakan bahwa di samping mengucapkan dua kalimat syahadat, jihad dan salat, perlu menunaikan hak-hak Allah, Nabi, fakir miskin dan lain-lain sehingga iman merasuk ke dalam hati.

Al-Quran dalam masalah ini, hanya menyebutkan satu kelompok khusus. “Itulah orang- orang yang beriman dengan sebenar- benarnya” (Anfal: 4). Orang-orang mukmin sejati adalah kelompok khusus dari kaum muslimin. Itulah mengapa kepada orang-orang munafik yang mengucapkan keislamannya dianggap bukan orang mukmin sejati. “Kami beriman kepada Allah dan Hari kiamat, padahal mereka itu bukan orang-orang yang beriman” (Baqarah: 8).[infosyiah]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: