Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Selayang Pandang Kondisi Pengikut Syiah di Oman

Posted by infosyiah pada 1, April 27, 2008

Selayang Pandang Kondisi Pengikut Syiah di Oman

Disebutkan bahwa orang-orang Syiah di Oman hidup dalam kondisi yang sangat kondusif. Jumlah populasi Oman sekitar 4,5 juta orang dan sekitar 60 ribu dari jumlah tersebut adalah warga Syiah yang dari hari ke hari jumlah mereka semakin bertambah. Menurut laporan Shiah Online, orang-orang Syiah di Oman terdiri dari puak-puak seperti India, Khojeh, Bahrain dan Iran.

Tiga menteri Oman dari golongan Syiah dan begitu juga wali kota Maqat bermazhab Syiah. Dari sisi politik, Oman termasuk negara yang tertutup. Orang-orang Syiah di negara ini menyatakan tidak melakukan aktivitas politik. Namun hal ini berbeda di sektor budaya, karena mereka sangat aktif karena di bidang ini aktivitas mereka tidak dibatasi.

Toko buku terbaik di Oman milik orang Syiah. Dan sekitar 90 persen dari mereka bertaklid kepada Ayatullah al-Uzhma Sayyid Ali Sistani. Disebutkan juga mereka terkadang mengirimkan pesawat pribadi kepada Jawad Shahrestani, menantu dan wakil Sayyid Ali Sistani di Iran.

Sementara buku fatwa Ayatullah al-Uzhma Sayyid Ali Khamenei dapat ditemukan dengan mudah di negara ini.

Acara peringatan Asyura sering dilakukan oleh orang-orang Syiah di sana. Bahkan Qaboos bin Said, Raja Oman memberikan salah satu kudanya kepada orang-orang Syiah untuk dipakai dalam acara tersebut.

Mazhab resmi Oman adalah Ibadhiah. Mazhab ini aslinya adalah Khawarij namun telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Mazhab Ibadhiah sangat toleran dengan perbedaan sudut pandang. Mazhab ini tidak dapat menerima Wahhabi/Salafy. Hal ini sangat membantu penyebaran mazhab Syiah di sana.

Orang-orang Syiah Khojeh tergolong orang-orang kaya negeri ini dan punya kedudukan yang bagus. Di masa lalu, ketika kondisi ekonomi pemerintah tidak begitu baik, orang-orang Syiah Khojeh membantu pemerintah secara finansial yang berujung pada hubungan baik antara pemerintah dengan orang-orang Syiah.

Mufti Ahli Sunnah Oman, Ahmad Khalili punya sebuah puisi yang berisikan pujian kepada Imam Khomeini ra yang menunjukkan kecintaannya.

Sejumlah santri Syiah Oman saat ini sedang menuntut ilmu di Qom, Iran. Dan di Oman sendiri adalah sekolah-sekolah agama milik orang-orang Syiah.[infosyiah]

5 Tanggapan to “Selayang Pandang Kondisi Pengikut Syiah di Oman”

  1. [...] Taringa! – Inteligencia Colectiva. wrote an interesting post today on Selayang Pandang Kondisi Pengikut Syiah di OmanHere’s a quick excerptSelayang Pandang Kondisi Pengikut Syiah di Oman Ditulis oleh infosyiah di/pada 1, April 27, 2008 Selayang Pandang Kondisi Pengikut Syiah di Oman Disebutkan bahwa orang-orang Syiah di Oman hidup dalam kondisi yang sangat kondusif. Jumlah populasi Oman sekitar 4,5 juta orang dan sekitar 60 ribu dari jumlah tersebut adalah warga Syiah yang dari hari ke hari jumlah mereka semakin bertambah. Menurut laporan Shiah Online, orang-orang Syiah di Oman terdiri dari puak-puak seperti India, Khojeh, Ba [...]

  2. HaRVeST said

    sebenarnya pengaruh syiah terhadap Islam seperti apa ya?
    mereka juga beriman pada Allah dan nabi Muhammad kan?

  3. deden said

    kenapa sih mesti ada syiah, sunni, salafi, wahabi, dlll…..aaaaahhh bikin bingung umat yang awam.
    mending jadi muallaf…ngga usah ngerti yang begituan..
    cukup berusaha mendekatkan diri pada Allah.

  4. Gus Totong said

    Den Mas Deden, jangan hanya menyangga kalimat ‘LAA ILA HAILALLLAH ” tanpa mengucapkan MUHAMMADDARRASULULLAH,
    ndak akan kuat Den, Konsekuensi untuk Taat kepada Allah dan Taat Kepada Rasul cuman anda temukan di wilayah Ahlul Bayt, atau Syi’i Imam Ali As.

  5. Gus Tatang said

    to : Gus Sotong = Rasulullah aja tidak bilang : “untuk Taat kepada Allah dan Taat Kepada Rasul cuman anda temukan di wilayah Ahlul Bayt, atau Syi’i Imam Ali As.” koq anda bilang seperti itu………..!!!!!!!!!!!!!?????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: