Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Pasukan pemerintah Yaman menyerang; 40 orang Syi’ah tewas

Posted by infosyiah pada 0, Februari 10, 2007

Pasukan pemerintah Yaman menyerang; 40 orang Syi’ah tewas

Perintah presiden Yaman untuk menyerang orang-orang Syi’ah berakibat jatuhnya korban. 40 orang Syi’ah tewas dan 81 lainnya luka-luka.

al-Ansi komandan pasukan pemerintah dalam aksi itu dalam wawancaranya dengan BBC menyebutkan: “Anggota Sayyid Badruddin al-Hautsi, pimpinan orang-orang Syi’ah di Yaman, telah diminta oleh presiden Jendral Ali Abdullah Saleh. Mereka diminta untuk menyerahkan dirinya tidak kurang dari 48 jam. Tapi mereka tidak mau menyerah”.

Orang-orang Syi’ah Yaman menduduki kawasan Utara Yaman. Bentrokan senjata telah memakan korban ratusan orang Syi’ah. Saat ini, peperangan serius terjadi di pegunungan di propinsi Sha’dah. Bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Ahli Sunnah, maka orang-orang Syi’ah tergolong minoritas. Serangan hebat pemerintah pernah dilakukan pada tahun 2004 yang menewaskan 700 orang Syi’ah dan ratusan lainnya luka-luka.

Bila menengok sejarah, 45 tahun lalu jenderal Ali Abdullah Saleh melakukan kudeta terhadap pemerintah Syi’ah. Pada pemilihan umum tahun kemarin, untuk menarik simpati orang-orang Syi’ah, ia melakukan kampanyenya dimulai dari daerah pemukiman Syi’ah, Sha’dah. Dalam pidatonya, ia menjamin keamanan danketenangan pnegikut Sayyid al-Hautsi.

Minggu kemarin ia mengeluarkan perintah untuk menghancurkan pengikut al-Hautsi.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: