Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Al-Hautsi: Syi’ah Yaman tidak ada hubungannya dengan Iran dan Libia

Posted by infosyiah pada 0, Februari 26, 2007

Al-Hautsi: Syi’ah Yaman tidak ada hubungannya dengan Iran dan Libia

Sayyid Abdul Malik Thaba’thaba’i al-Hautsi pimpinan Syi’ah Yaman secara tegas menolak dihubungkannya kejadian yang terjadi di Yaman ini dengan Iran dan Libia. Ia mengucapkan pernyataannya di hadapan para wartawan. Ia mengatakan bahwa klaim yang mengatakan bahwa kaum Syi’ah Yaman yang tidak setuju dengan kondisi mereka selama ini di Yaman ada hubungannya dengan Iran dan Libia adalah sebuah kebohongan. Ia mengatakan bahwa apa yang terjadi adalah masalah dalam negeri Yaman, tapi pemerintah berusaha menarik masalah ini sebagai agenda baru Timur Tengah bahkan dunia internasional.

Al-Hautsi mengatakan: “Klaim pemerintah bahwa ada pihak-pihak asing yang membantu Syi’ah Yaman hanyalah tuduhan tanpa bukti. Tuduhan ini malah menunjukkan adanya campur tangan pihak asing ke dalam kehidupan masyarakat Yaman. Pihak-pihak asing inilah yang membuat stabilitas keamanan di Yaman terganggu.

Ia kemudian membeberkan fakta-fakta yang membongkar kedok pemerintah Yaman. Pemerintah selama ini telah melakukan pembantaian massal di Sa’dah. Kota yang menjadi konsentrasi Syi’ah Yaman. Mereka anak-anak dan wanita, merusak rumah-rumah penduduk bahkan membakar tanah pertanian.

Ia juga mengkritik keras atas kebijakan pemerintah Yaman yang melakukan sensor keras terhadap wartawan. Dunia tidak tahu apa yang sedang diderita oleh penduduk Sa’dah. Pemerintah menyerang rakyat yang menuntut hak-haknya dengan tank, pesawat tempur dan artileri berat.

Al-Hautsi menambahkan: “Kami tidak menyetujui peperangan untuk menyelesaikan masalah. Perang ini harus segera dihentikan. Harus dicarikan jalan keluar dari kemelut ini. Jalurnya adalah dialog. Tuntunan kami agar hak-hak kami untuk menyampaikan pendapat diterima oleh pemerintah Yaman. Isu yang menyebutkan bahwa kami hendak menggulingkan pemerintah Yaman tidak benar dan sebuah kebohongan.

Al-Hautsi meminta kepada semua badan dunia untuk menentang peperangan yang terjadi di Yaman. Pihak-pihak yang menjadi penyebab terjadinya peperangan ini harus diadili.

Ia juga menyampaikan bahwa ada usaha-usaha untuk memecah kaum muslimin di Yaman. Menurutnya: “Semua pengikut mazhab-mazhab Islam; Zaidiyah, Syafi’i dan pengikut mazhab lainnya adalah bersaudara. Oleh karenanya, sikap pemerintah yang ingin menyebarkan fitnah antara Syi’ah dan Sunni harus ditentang.

Pada akhir pernyataannya ia meminta agar semua tahanan penjara agar segera dibebaskan, para pengungsi segera dipulangkan ke rumahnya, mereka yang sebelumnya punya pekerjaan agar segera dikembalikan ke tempat kerjanya dan pemberian ganti rugi atas. Ini semua sesuai dengan pengampunan umum yang disampaikan oleh Jenderal Ali Abdullah Saleh, presiden Yaman beberapa waktu lalu.[infosyiah]

2 Tanggapan to “Al-Hautsi: Syi’ah Yaman tidak ada hubungannya dengan Iran dan Libia”

  1. ressay said

    kalau boleh tau, syi’ah di Yaman itu syi’ah apa?

  2. infosyiah said

    Di Yaman ada Syi’ah dua belas Imam dan ada Syi’ah Zaidiyah. Kelompok al-Hautsi termasuk Syi’ah 12 Imam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: