Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Pembunuhan sistematik terhadap Syi’ah Zaidiyah dan Imamiyah di Yaman

Posted by infosyiah pada 0, Februari 27, 2007

Pembunuhan sistematik terhadap Syi’ah Zaidiyah dan Imamiyah di Yaman

Tahun 1982 merupakan pertama kalinya muncul gerakan Syi’ah secara politis di Yaman. Gerakan itu dipimpin oleh Shulh Ahmad Fulaitah dengan mendirikan asosiasi pemuda. Dalam training yang dilakukan salat satu mata kuliahnya adalah revolusi islam Iran. Sebagai pengajarnya waktu itu adalah Allamah Badruddin Thaba’thaba’i al-Hautsi.

Pada dasarnya, Allamah Badruddin al-Hautsi adalah penggagas, mursyid, muftsi sekaligus pemimpin rohaniwan gerakan Syi’ah di Yaman. Bukanya anaknya, yang cukup dikenal, yang bernama Husein yang tewas dua tahun lalu dibunuh oleh tentara Yaman.

Setelah revolusi Islam Iran, bermunculan partai-partai politik berbasis Syi’ah di Yaman. Sebagian dari partai politik itu; Hizb inqilab (partai revolusi), Hizbullah dan Hizb al-Haq (partai kebenaran). Hizb al-Haq yang didirikan oleh Allamah Sayyid Husein Thaba’ thaba’i al-Hautsi lebih diperhitungkan karena memiliki pengikut terbanyak.

Pemimpin-pemimpin gerakan politik Syi’ah Yaman antara lain; Muhammad Salim ‘Azzan, Sayyid Muhammad Thaba’thaba’i al-Hautsi, Sayyid Husein Thaba’thaba’i al-Hautsi, Abdurrahman al-Hamran dan Abdullah ‘Idhah ar-Razzami yang dikenal sebagai Malik Asytar Yaman. Cara pandang mereka mengikuti dan menghidupkan konsep Syi’ah setelah kemenangan revolusi Islam Iran. Mereka kemudian memperluas pengaruh politik mereka di yaman.

Jenderal Ali Abdullah Saleh yang berkuasa sejak 32 tahun lalu berkat kudeta militer, pada tahun 1994 memerintahkan untuk menyerang rumah Sayyid Badruddin Thaba’thaba’i al-Hautsi. Rumahnya dihancurkan dan untuk menyelamatkan dirinya, ia terpaksa lari ke Lebanon dan setelah itu ke Iran. Pelariannya berlangsung hingga tahun 1997.

Sejak tahun 1990 gerakan Syi’ah merupakan gerakan politik paling berpengaruh di Yaman. Setelah jatuhnya Irak pada tahun 2003, kekuatan Syi’ah Yaman mencapai puncaknya. Setelah peristiwa 11 September, Syi’ah di Timur Tengah berkembang pesat. Karena Wahabi dan Ahli Sunah ekstrim terusir dari masjid-masjid. Orang-orang Syi’ah yang kemudian mengisinya. Di Yaman juga demikian. Setelah terusirnya Wahabi dari masjid-masjid, kelompok “pemuda mukmin” yang Syi’ah menguasai masjid-masjid Yaman.

Slogan yang biasa dipakai oleh Syi’ah Yaman adalah Allah Akbar, mampus Amerika, mampus Israel dan Islam menang. Ini sering diucapkan di mana saja, terutama di masjid-masjid. Slogan ini sangat diminati oleh pemuda Yaman. Di Sa’dah daerah yang mayoritasnya adalah Syi’ah, para pemuda yakin bahwa imperialisme Amerika telah sampai pada ajalnya. Dan untuk mengisi itu mereka harus berpartisipasi aktif dalam politik.

Pada tahun 2002, Sayyid Husein Thaba’thaba’i menyampaikan pidatonya yang berapi-api di Madrasah Imam Hadi as. Dalam pidatonya dia menyebutkan bahwa kepongahan Amerika di Timur Tengah membuat negara-negara Arab dan Islam takut padanya. Dengan bersandarkan pada ayat-ayat al-Quran, ia memuji sikap Iran dan Hizbullah Lebanon yang siap dan berani menghadapi Amerika. Pidato itu membuat pemerintah naik pitam dan menangkap sekitar 600 orang dan memenjarakan mereka.

Pengaruh media seperti Almanar dan jaringan media Iran membuat posisi Syi’ah Yaman menjadi semakin kuat. Ditambahkan lagi protes keras ulama Qom dan Najaf terhadap sikap pemerintah Yaman menghadapi Syi’ah Yaman. Begitu juga ulama Syi’ah Yaman sendiri terutama ‘Isham al-‘Imad yang menulis bukunya “Perjalanan saya dari Wahabi sampai menjadi Syi’ah 12 Imam”. Semua ini semakin memperkuat posisi Syi’ah di yaman.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: