Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Amerika membantu pemerintah Yaman

Posted by infosyiah pada 0, Maret 2, 2007

Amerika membantu pemerintah Yaman

Wakil duta besar Amerika di Yaman dalam wawancaranya dengan Aljazeera menegaskan bahwa pemerintah Amerika secara politis dan moral akan membantu pemerintah Yaman untuk membungkam perusuh Syi’ah. Ia menambahkan: “Yaman adalah sekutu dan negara sahabat Amerika. Dengan dasar ini, Amerika akan membantu Yaman menyerang Syi’ah Yaman”.

Dalam wawancara itu, ia menyebutkan bahwa kelompok pengikut al-Hautsi sebagai teroris. Ia juga memuji pemerintah yang serius menghadapi teroris. Namun, Amerika dalam peristiwa yang sedang terjadi di Yaman tidak terjun secara langsung. Hanya perlu diketahui, menurut Amerika, pemerintah San’a punya hak untuk melakukan aksi apa saja di seluruh teritorialnya untuk membela dirinya.

Tidak cukup itu saja, ia mulai melebarkan pembicaraannya dan mengatakan bahwa Amerika punya data yang membuktikan bahwa ada campur tangan pihak asing di Sa’dah. Dan tanpa menyebutkan negara mana yang melindungi pengikut al-Hautsi, pemerintah Amerika mengutuk campur tangan itu. Karena negara lain tidak berhak untuk memanfaatkan krisis yang terjadi di sebuah negara untuk membantu kelompok-kelompok oposisi menentang pemerintah berkuasa.

Tanpa menyebutkan bahwa Jenderal Ali Abdullah Saleh, presiden Yaman yang berkuasa lewat kudeta militer dan berkuasa secara diktator selama 32 tahun dari partai Ba’ts, wakil duta besar Amerika di Yaman menyebutkan bahwa Yaman adalah sebuah negara yang bebas dan independen. Tanpa perlu merasa takut terhadap negara lain, Yaman dapat mengambil kebijakan sendiri. Ia mengatakan bahwa pemilihan umum untuk memilih presiden di Yaman diselenggarakan secara bebas dan bila dibandingkan dengan semua negara di Timur Tengah tidak punya masalah dalam penyelenggaraannya.

Padahal, dalam pemilihan presiden, mayoritas partai oposisi tidak diperbolehkan untuk mencalonkan presiden dari partai mereka. Hal itu membuat mereka mengeluarkan pernyataan bahwa partai berkuasa, Ba’ts, yang dipimpin oleh Jenderal Ali Abdullah Saleh secara otoriter dapat saja menangkap orang dengan tuduhan yang dibuatnya sendiri. Terutama dengan orang-orang yang dianggap punya kans menyainginya. Dengan cara ini, ia biasanya menuduh lawan-lawan politiknya sebagai oposan yang ingin merdeka dari Yaman, atheis, kafir, menentang UUD dan lain-lain.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: