Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Bagaimana caranya hidup dengan tenang di dunia?

Posted by infosyiah pada 0, Maret 2, 2007

Soal: Bagaimana caranya hidup dengan tenang di dunia?

Jawab: Al-Quran menyebutkan “(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu” (Hadid: 23). Mungkinkah manusia dapat menjadi sedemikian teguhnya, sehingga diberi atau diambil tidak ada pengaruh baginya?

Seorang karyawan bank kerjaannya adalah menerima dan mengembalikan uang nasabah. Ketika ia menerima uang dari nasabah dan menghitungnya, ia tidak gembira dan ketika mengembalikan uang nasabah karena mereka menginginkannya ia tidak sedih. Karena ia tahu betul, ia hanya seorang yang diamanatkan memegang uang nasabah. Uang yang diterima dan dikembalikan bukan miliknya.

Mesin traktor memiliki ban yang didisain sedemikian rupa sehingga tidak masalah berjalan di daerah yang rata maupun tidak. Namun, tidak demikian halnya dengan ban sepeda. Sebuah burung pipit yang hinggap di dahan yang kecil membuat dahan itu bergoyang, namun bila ia hinggap di batang pohon yang besar, tidak ada pengaruh apapun. Manusia besar karena kebesaran hati yang dimilikinya tidak akan terpengaruh dengan hal-hal parsial yang terjadi dalam kehidupannya.

Imam Husein as pada Zuhur hari Asyura menghadapi anak panah yang berhamburan ke arahnya bahkan dengan musibah yang terjadi, dapat melakukan salat dengan khusyu’. Sementara kita dengan sedikit gerak konsentrasi kita terpecah.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: