Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Sekolah SD Islam Lyon dibuka kembali

Posted by infosyiah pada 0, Maret 7, 2007

Sekolah SD Islam Lyon dibuka kembali

Rasyid Grigor pimpinan masjid al-Kindi Lyon merasa senang karena madrasah Abu Yusuf Ya’qub Alu Kindi memulai aktivitasnya untuk tahun ajaran baru. Madrasah al-Kindi untuk tahun ajaran baru ini menerima pendaftaran murid baru. Sampai saat ini sekitar 140 murid telah terdaftar dan menjadi sekolah terbesar Islam di Prancis untuk tingkat SD.

Sekolah ini, selain mengajarkan mata pelajaran umum sebagaimana sekolah-sekolah negeri lainnya, diberi tambahan pelajaran seperti al-Quran, fiqih, sejarah dan peradaban Islam.

Setelah berusaha keras selama sebulan, perizinan yang dilayangkan ke akademi Lyon akhirnya berbuah hasil. Karena pengadilan sekolah tinggi Prancis telah memberikan izin. Bulan kemarin akademi Lyon melayangkan surat ke pengadilan dengan alasan bahwa sekolah al-Kindi tidak sesuai dengan standar kesehatan dan keamanan. Mereka berusaha untuk mencegah sekolah al-Kindi beroperasi tahun depan. Namun, pengadilan tidak menerima dan memberikan izin kepada pengurus sekolah untuk melanjutkan aktivitasnya.

Semenjak hijab dilarang di sekolah-sekolah pemerintah, keluarga-keluarga muslim Prancis sangat membutuhkan adanya sekolah-sekolah Islam. Kebanyakan dari mereka kemudian sekolah di negara-negara tetangga Prancis, atau sekolah-sekolah swasta.

Untuk pertama kalinya, pada tahun 2001, sebuah sekolah Islam didirikan di sebelah timur Paris. Saat ini, sekolah ini telah memiliki 100 murid. Pada bulan Juli 2003 di kota Lille dibangun sekolah bernama Ibnu Rusyd dan saat ini memiliki 80 siswa.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: