Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Telah terbit buku “Hubungan antara akhlak dan teknologi informasi”

Posted by infosyiah pada 0, Maret 8, 2007

Telah terbit buku “Hubungan antara akhlak dan teknologi informasi”

Buku “Hubungan antara akhlak dan teknologi informasi” telah diterbitkan. Penulis buku ini adalah Hujjatul Islam wal Muslimin Sayyid Muhammad Mahdi Mir Bageri. Buku ini diterbitkan oleh pusat pengembangan teknologi informasi dan media digital kementrian budaya dan Irsyad Islam Iran. Buku ini terdiri dari tiga bab.

Bab pertama dari buku ini menjelaskan tentang hubungan erat antara akhlak dan teknologi informasi. Dijelaskan dalam bab pertama ini tentang keniscayaan akhlak dan posisinya, teknologi informasi, peran mazhab akhlak dalam mendeskripsikan akhlak dan pengembangan teknologi informasi.

Bab kedua dengan judul dampak penyempurnaan ilahi dalam teknologi informasi. Dalam bab ini dapat ditemukan kajian tentang akibat-akibat dalam aliran akhlak dalam teknologi informasi. Pengembangan harmonis berlandaskan fitrah pengembangan yang pasti. Fitrah yang mampu melanggengkan sejarah manusia. Dengan ini pengorbanan terhadap sesama dapat diwujudkan. Bila kebutuhan materi manusia tidak terlalu ditonjolkan dan kebergantungan terhadap dunia tidak ditekankan, fitrah manusia akan tauhid dengan sendirinya akan aktif. Bila fitrah tauhid manusia telah aktif, dengan sendirinya etika pengorbanan terhadap sesama akan muncul. Dan bila etika pengorbanan terhadap sesama dimasukkan dalam sistem hukum dan undang-undang, maka dengan sendirinya keamanan dapat terwujudkan.

Pada bab ketiga dapat dibaca tentang apa dan posisi akhlak. Apa itu akhlak sosial dan definisi hubungan sosial. Posisi teknologi informasi dalam mengatur mengatur akhlak kekinian. Di akhir buku ini ada dua pernyataan; pertama, tentang hak pengembangan dan prinsip-prinsip membuat masyarakat informasi.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: