Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Mengapa doa tidak dikabulkan?

Posted by infosyiah pada 0, Maret 9, 2007

Soal: Mengapa doa tidak dikabulkan?

Jawab: Bila pesawat yang biasanya bahan bakarnya adalah bensin khusus, diisi dengan air atau gas, niscaya pesawat tidak akan bisa terbang. Doa seseorang akan terkabulkan bila perutnya diisi dari makanan yang halal.

Dalam sebuah hadis disebutkan: “Barang siapa yang ingin doanya terkabulkan, hendaknya pekerjaan yang ditekuninya baik dan halal” (Bihar al-Anwar, jilid 9, hal 373).

Katakanlah bahwa doa artinya meminta sesuatu yang baik dari Allah. Banyak dari doa kita yang pada hakikatnya tidak baik, namun kita membayangkannya adalah baik.[infosyiah]

6 Tanggapan to “Mengapa doa tidak dikabulkan?”

  1. Haji Muhammad Abdullah said

    Assalamualaikum

    ALQURAN 7:180
    ASMA UL HUSNA hanya dimiliki oleh Allah. Maka memohonlah kepada Allah dengan menyebut ASMA UL HUSNA; dan tinggalkan mereka yang menyimpang dari kebenaran; karena mereka akan mendapatkan siksaan dari dosa dosa mereka.

    Kita harus memulai doa kita dengan memuji Allah sebanyak mungkin, dengan menggunakan ASMA UL HUSNA misalnya kita inggin ditinggikan derajat kita di dunia ini dan di ahirat nanti; maka kita memuji Tuhan dengan menyebut Ya Allah, Ya Ali (Ya Tuhan yang maha tinggi). Kita juga diwajibkan memberikan Shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya Rasulullah sebagai penutup doa.

    ALQURAN 6:165
    Allah yang menjadikan kamu sebagai Khalifah di muka bumi; dan Allah meninggikan sebagian kamu di atas sebagian yang lain beberapa derajat; untuk menguji kamu tentang apa yang diberikannya kepada kamu. Sesungguhnya Allah sangat cepat menyiksa (mereka yang berdosa); dan sesungguhnya Allah maha pengampun dan maha penyayang.

  2. infosyiah said

    Betul, dan itu pada saat berdoanya. Yang dimaksudkan dalam tulisan di atas, persiapan untuk berdoa…

  3. Haji Muhammad Abdullah said

    Assalamualaikum

    Kitab Nahjul Balaghoh, Khotbah no 188
    Imam Ali Ibn Tholib berkata: “Ya masyarakat, takutlah kepada Allah; dan pujilah Allah terus menerus; karena nikmat2 yang telah diberikannya kepada kamu. Ketika kamu memlaksanakan perbuatan yang berdosa; Allah menutupi dosa dosa kamu. Ketika kamu melakukan kejahatan yang menyebabkan siksaan Tuhan datang kepadamu; Allah memberikan waktu untuk bertaubat!”

    Allah telah mengajarkan ummat Islam untuk melakukan DZIKIR (memuji Allah atau mengingat Allah) dengan menggunakan ASMA UL HUSNA (nama nama Tuhan yang indah). Kita harus banyak memuji Allah sebelum kita memohon atau berdoa

    ALQURAN 18:110
    Katakanlah: “Pujilah Allah dengan pujian Ar Rahman; atau dengan nama nama lain. Allah mempunyai ASMA UL HUSNA (nama nama terbaik); dan jangalah kamu mengeraskan suara kamu di dalam Sholat; dan juga jangan merendahkanya; carilah cara yang tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembut!”

    Kitab Nahjul Balaghoh, Nasihat no 371
    Imam Ali Ibn Tholib berkata: “Jika kamu hendak berdoa kepada Allah; mulailah dengan memuji Allah sebanyak mungkin dan memberikan Shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya; kemudian bedoalah; karena Allah adalah Tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang; ditutup dengan pujian2 kepada Allah!”

    Imam Ali Ibn Tholib juga menyarankan untuk membaca Shalawat; ketika ummat Islam berdoa. Penutupan doa adalah ALHAMDULILAHI ROBBIL ALAMIN; bukan AMIN.

    ALQURAN 10:10
    Mereka menutup doa dengan berkata: “ALHAMDULILAHI ROBBIL ALAMIN!”

    Ayatullah Abud Qosim Al Khui (alm) dari Iraq menyarankan pengikut pengikutnya untuk membaca ALHAMDULILLAHI ROBBIL ALAMIN sebagai penutup doa; sehingga pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syiah) mengucapkan ALHAMDULILLAHI ROBBIL ALAMIN di dalam Masjid Al Khui New York USA.

  4. infosyiah said

    Terima kasih, mengucapkan hamdalah setelah berdoa merupakan adab berdoa.

  5. boby said

    bgm apabila selesai alfatihah ya..

  6. infosyiah said

    Tidak masalah tambah bagus…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: