Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Sayyid Hasan Nasrullah: “Sayyidah Zainab mengajarkan bahwa Asyura tidak pernah berhenti”

Posted by infosyiah pada 0, Maret 10, 2007

Sayyid Hasan Nasrullah: “Sayyidah Zainab mengajarkan bahwa Asyura tidak pernah berhenti”

Dalam memperingati hari Arbain Imam Husein as, Sayyid Hasan Nasrullah menyampaikan ceramah di hadapan ribuan hadirin yang ikut memperingati acara Arbain. Dalam ceramahnya Sayyid Hasan Nasrullah menjelaskan tentang filsafat Asyura. Ia menegaskan: “Sayyidah Zainab al-Kubra mengajarkan kepada orang-orang Syi’ah bahwa Asyura akan tetap langgeng selamanya”.

Peringatan Arbain Imam Husein as di Lebanon dilaksanakan di Beirut. Di hadapan ribuan orang-orang yang mengikuti acara Arbain, Sayyid Hasan Nasrullah menyampaikan ceramahnya. Dalam ceramahnya, ada tiga tema penting yang dijelaskannya; tentang Arbain Imam Husein as, kondisi Timur Tengah dan situasi sosial politik dalam negeri Lebanon.

Sekaitan dengan bagian pertama ceramahnya, Sayyid Hasan Nasrullah menyebutkan bahwa setelah syahidnya Imam Husein as, tanggung jawab besar untuk tetap menuntun misi Asyura berada di pundak Sayyidah Zainab al-Kubra bersama Imam Ali Zainul Abidin as. Apa yang dilakukan oleh Sayyidah Zainab al-Kubra perlu dicamkan sebagai sebuah tonggak penting sejarah. Sayyidah Zainab mengajarkan bahwa Asyura tidak pernah selesai. Asyura kapan dan di mana saja (Kullu Yaumin Asyura wa Kullu Ardhin Karbala) membuat kita punya kewajiban untuk tetap memperjuangkan misi Asyura. Asyura tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Menjelaskan bagian kedua dari ceramahnya, Sayyid Hasan Nasrullah membahas tentang masalah kondisi Timur Tengah. Ia menganalisa konferensi Baghdad. Menurutnya: “Salah satu bentuk kekalahan Amerika adalah ikut dalam konferensi Baghdad. Karena dengan mengikuti konferensi itu, berarti Amerika mengakui pengaruh Iran dan Syiria di Irak. Ketika mereka tidak dapat memungkiri pengaruh Iran dan Syiria di Irak, menunjukkan sebuah kekalahan telak”.

Sayyid Hasan Nasrullah menambahkan: “Saat ini, semua rencana Amerika di Timur Tengah mengalami kegagalan dan di kemudian hari pun bakal menemui kegagalan. Bila Amerika ingin menyerang Iran dan Syiria, niscaya mereka akan menelan pil pahit kekalahan. Menyerang negara-negara di kawasan Timur Tengah tidak akan banyak manfaatnya buat Amerika”.

Mengamati Irak secara khusus, Sayyid Hasan Nasrullah mengatakan: “Pemerintah Irak dan rakyatnya juga sedang berjuang melawan penjajah. Dalam perjuangan ini, Syiah dan Sunni saling mendukung satu sama lainnya. Mengatakan bahwa hanya ada satu kelompok yang menentang penjajah adalah tidak benar”.

Untuk masalah dalam negeri Lebanon, Sayyid Hasan Nasrullah mengabarkan bahwa Nabih Berri sedang melakukan pertemuan dan Saad Hariri. Ia berkata: “Sejak awal kami menegaskan bahwa kita perlu pertemuan untuk berdialog dan berunding”. Ia menambahkan: “Demonstrasi tetap akan berlangsung, namun kami juga tidak akan membuang kesempatan untuk berdialog dan berunding”.

Sayyid Hasan Nasrullah mengingatkan: “Kekalahan Israel dalam perang 33 hari menunjukkan kekalahan Amerika dan Israel. Kekalahan mereka ini dapat dilihat dari dua sisi. Kekalahan Israel berarti kekalahan Amerika di kawasan Timur Tengah. Dan kedua, runtuhnya kepongahan Israel. Kehebatannya hanya tinggal mitos. Sebelum ini, bila Israel melakukan pelanggaran dan menginvasi Lebanon, tidak satu pun yang berani melakukan protes. Tapi kini, kondisi telah berbeda”.

Terakhir ia menasihati kelompok-kelompok di Lebanon yang meminta bantuan dan perlindungan Amerika dan Israel. Ia berkata: “Usaha meminta perlindungan dari kedua negara itu tidak ada manfaatnya”.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: