Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Noam Chomsky: “Hanya Iran dan Syiria yang belum tunduk kepada Amerika”

Posted by infosyiah pada 0, Maret 11, 2007

Noam Chomsky: “Hanya Iran dan Syiria yang belum tunduk kepada Amerika”

Noam Chomsky memandang tujuan Amerika yang berusaha mempengaruhi opini publik menghadapi Iran adalah usaha untuk menguasai minyak Timur Tengah. Usaha Amerika untuk menguasai minyak di kawasan Timur Tengah saat ini hanya ditentang oleh Iran dan Syiria.

Dengan perlawanan yang ditunjukkan oleh Syiria dan Iran ini, Amerika menganggap keduanya sebagai musuhnya. Namun, Iran terhitung sebagai musuh paling penting. Untuk itulah, pada saat yang bersamaan dengan pengiriman tentara Amerika sebagai tambahan ke Irak, Amerika menebarkan isu keterlibatan Iran di Irak. Padahal, dengan melihat bahwa Amerika yang memegang komando di Irak, maka tidak ada satu negarapun yang terlibat.

Penyebutan bulat sabit Syiah hanya trik Amerika saja. Karena kebanyakan tambang minyak dunia dihasilkan di daerah sekitar kawasan yang penduduknya mayoritas Syiah. Dimulai dari Iran mengarah ke daerah padat Syiah di Irak dan Syiria dan berakhir di Hizbullah Lebanon. Tidak hanya minyak tapi juga gas berada di wilayah ini. Bagi Amerika, bila tambang-tambang minyak dan gas bumi ini dipegang dan dikontrol oleh orang-orang Syiah yang mandiri dari Amerika, maka ini petanda malapetaka bagi Amerika.

Bila masalah ini muncul, persatuan Syiah dapat menjadi bagian dari jaringan keamanan energi Asia. Dan bila itu terjadi, Timur Tengah dapat menjadi kawasan yang aman dan stabil. Kekuatan Amerika di dunia menjadi goyah. Itulah mengapa Amerika senantiasa berusaha untuk mengontrol sumber-sumber energi di Timur Tengah.[infosyiah]

3 Tanggapan to “Noam Chomsky: “Hanya Iran dan Syiria yang belum tunduk kepada Amerika””

  1. leontiev said

    Perang antara US Amerika melawan kaum Shiah adalah karena US Amerika ingin menguasai cadangan minyak & gas dunia yang sebagian besar berada di daerah-2 dimana kaum Shiah berdomisili?
    Tampaknya ada juga alasan lain, tak sekedar karena minyak & gas.

  2. infosyiah said

    Tentu dong, alasan ideologi lebih yang mendasari semua itu…

  3. coba kita berpikir lain,tidak terlalu apriori,sinis dan bernuansa perang melulu.bukankah kita menginginkan kedamaian dunia?Islam tidak melarang bermuamalah dengan orang kafir,seperti jual beli minyak bumi misalnya?kenapa sikap kita seperti ketakutan begitu terhadap Amerika serikat?
    bukankah lebih baik jika islam tersebar ke seluruh dunia dengan simpati,melalui kerjasama peradaban,perdagangan dll misalnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: