Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Reaksi penayangan film tertangkapnya pasukan komando Inggris

Posted by infosyiah pada 0, Maret 15, 2007

Reaksi penayangan film tertangkapnya pasukan komando Inggris

Penayangan film dokumenter tertangkapnya sebuah regu komando Inggris Juli 2004, mendapatkan reaksi yang luas dari media-media barat terutama Inggris.

Adegan-adegan yang sangat luar biasa film ini, seperti cara penangkapan anggota kopasus Inggris dan bagaimana terlihat ketika ditangkap mereka terkencing-kencing. Ini benar-benar sangat memalukan  pasukan komando tersebut. Ini yang  membuat film dokumenter ini betul-betul sangat menarik untuk ditonton. Film dokumenter ini dilarang untuk ditayangkan kembali oleh departemen luar negeri dan dewan keamanan nasional.

Diberitakan  bahwa pada Juli 2004 satu regu komando angkatan laut Inggris memasuki batas teritorial sungai Arvand Iran yang kemudian ditangkap oleh pasukan angkatan laut Iran.

Kementrian luar negeri Iran saat itu, berusaha untuk mengeluarkan komando Inggris secepatnya dari perbatasan Shalamcheh. Namun Sepah Pasdaran tidak mengizinkan, dengan alasan bahwa Shalamcheh adalah perbatasan teritorial antara Iran dan Irak, bukan Iran dan Inggris. Sehingga tawanan-tawanan ini harus dibawa ke Teheran. Karena desakan pejabat-pejabat dewan keamanan nasional, delapan komando di Paviliun bandar udara Mehrabad ini kemudian diserahkan kepada kedutaan Inggris di Teheran.

Suhail Karimi, sutradara film dokumenter ini berkata kepada situs BBC berbahasa Persi bahwa angkatan Royal Marines Inggris sangat terkenal di mata dunia, bahkan angkatan bersenjata Amerika pun untuk menyempurnakan pelatihannya harus dibimbing oleh angkatan bersenjata Inggris. Oleh karena itu, menurut saya, penangkapan semacam ini, baru pertama kalinya terjadi di dunia, itu pun dengan perantara angkatan bersenjata Sepah Pasaran Iran. Buat saya, adegan-adegan setelah penangkapan tetap menarik, seperti reaksi Inggris atau reaksi kemungkinan serangan militer dan lain-lainnya.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: