Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Saat ini hidup tidak bisa sendiri, harus melakukan hubungan dengan yang lain. Lalu mengapa kita menyebutkan “Tidak Timur dan Tidak Barat”?

Posted by infosyiah pada 0, Maret 16, 2007

Soal: Saat ini hidup tidak bisa sendiri, harus melakukan hubungan dengan yang lain. Lalu mengapa kita menyebutkan “Tidak Timur dan Tidak Barat”?

Jawab: Arti dari semboyan “Tidak timur dan Tidak Barat” adalah dalam memilih bentuk pemerintahan kita tidak asal mengikuti Barat dan Timur. Di hadapan negara super power kita tidak kalah. Karena orang yang mengikuti cara Barat dan Timur adalah orang-orang pecundang. Keduanya adalah penyakit yang mematikan. Namun, dalam mencari ilmu, pengalaman dan keterampilan, kita harus Timur dan juga harus Barat.

Dalam sebuah hadis Rasulullah saw bersabda: “Carilah ilmu! Ke Cina sekalipun” (Wasail as-Syiah, jilid 27, hal 27). Rasulullah memerintahkan kita untuk mencari ilmu sampai di daerah yang terjauh sekalipun. Namun, yang perlu diingat, kepanasan dan kedinginan adalah penyakit. Memanfaatkan panas untuk memasak dan dingin untuk keperluan adalah hal lain dan bermanfaat.

Benar, kita harus memanfaatkan es, namun jangan sampai kedinginan. Kita harus memanfaatkan suhu panas, namun jangan sampai kepanasan. Kita harus memanfaatkan Barat dan Timur tapi tidak menjadi kebarat-baratan atau ketimur-timuran.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: