Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Al-Audah: “Ahli Sunah tidak punya hak untuk mengafirkan Syiah”

Posted by infosyiah pada 0, Maret 17, 2007

Al-Audah: “Ahli Sunah tidak punya hak untuk mengafirkan Syiah”

Salman bin Fahd al-Audah, salah seorang mufti dan tokoh Wahabi Arab Saudi mengajak Ahli Sunah untuk tidak mengafirkan Syiah. Ia juga meminta untuk menghormati akidah Syiah. Menurutnya, sejarah Islam mencatat banyak contoh tentang persahabatan Syiah dan Sunni.

Al-Audah dalam sebuah ceramahnya di sebuah pusat sastra Riyadh dengan tema “Perdamaian dalam sejarah Islam”, mengtakan: “Untuk dapat keluar dari perselisihan dan konflik sektarian antara Syiah dan Sunni adalah dengan hidup berdampingan secara damai dan mencari titik-titik persamaan di antara mereka”.

Ia mengingatkan: “Sejak zaman Nabi, Khulafur Rasyidin hingga zaman dinasti Bani Umayah, terutama pada zaman Umar bin Abdul Aziz, sejarah Islam penuh dengan contoh kasus persahabatan antara Syiah dan Sunni. Bila persahabatan antara mazhab tidak ada hingga sekarang, saat ini kita tidak akan menemukan pengikut-pengikut mazhab Islam”.

Dalam ceramahnya ia menekankan beberapa hal: “Islam menekankan agar kaum muslimin memiliki kesabaran yang tinggi, menjaga harta dan jiwa seorang muslim. Islam memerintahkan untuk menjaga dasar-dasar dan prinsip-prinsip yang menjadi landasan berdirinya sebuah masyarakat. Menghormati hak-hak orang lain, menjaga kehormatan mengajak kaum muslimin untuk hidup secara damai adalah pesan-pesan Islam”.

Salah satu tokoh dari Ulama Wahabi ini melanjutkan: “Islam tidak dibangun dari sebuah ras tertentu. Karena semua pemeluk Islam; Arab dan Ajam; Persi dan selainnya, bersama-sama membangun peradaban Islam”.

Ketika ditanya mengenai pendapat Islam untuk terjalinnya sebuah hubungan baik antar mazhab Islam, ia menjawab: “Dalam masalah ini, tidak perlu menanti sebuah fatwa. Karena Islam menganjurkan hidup secara damai, bahkan dengan pengikut selain Islam”.

Menutupi pembicaraannya ia berkata: “Sangat mungkin sekali alasan konflik sektarian antara Syiah dan Ahli Sunah muncul dari semangat Arab untuk berkuasa. Bila keinginan ini dibuang jauh-jauh, bukan hanya dapat mengurangi konflik yang terjadi, bahkan memusnahkannya”.[infosyiah]

12 Tanggapan to “Al-Audah: “Ahli Sunah tidak punya hak untuk mengafirkan Syiah””

  1. abu fadl said

    Nah, ini baru ulama wahabi yang benar…

    Semoga yang lainnya juga bisa sadar akan pentingnya ukhuwah islamiyah.

  2. semoga persatuan islam segera terwujud.

  3. infosyiah said

    Insya Allah…
    Untuk yng satu ini kami tidak ragu.
    Allah berjanji untuk memenangkan Islam dan bukan Ahli Sunah atau Syiah.
    Bagaimana?

  4. abdullah said

    semoga impiam kita akan wahdatul islamiyah bisa tercapai.amin.

  5. infosyiah said

    Insya Allah, Salam taaruf Abdullah…

  6. Abu jawad said

    Syaikh Salman Audah memang terkenal seorang ulama Wahabi yang cukup toleran. Pada peristiwa teror di Karbala tahun 2004 yang menewaskan ratusan para peziarah, beliau satu di antara sedikit (untuk tidak dikatakan satu-satunya) yang mengutuk peristiwa teror tersebut dan menyampaikan bela sungkawa kepada kaum Syi’ah. Pada perang 33 hari anatar Hizbullah dan Israel, Syaikh Salman juga menunjukkan simpatinya pada Hizbullah dan mengecam fatwa ulama wahabi lain yang menentang Hizbullah.
    Tapi konon atas sikapnya yang menentang arus (untuk konteks Wahabi), beliau tidak disukai oleh para ulama Wahabi yang lain.
    (Nampaknya sikap dan pandangan sejuk dari Syaikh Salman Audah tidak terlepas dari pengaruh nama “Salman” yang dimilikinya)

  7. infosyiah said

    Terima kasih banyak atas informasinya.
    Semoga Allah memperbanyak ulama yang memahami kondisi kekinian.

  8. abu fadl said

    Ilahi amin…

  9. agorsiloku said

    Sesama muslim bersaudara

  10. infosyiah said

    Betul sekali.
    Oh iya, salam taaruf

  11. Salam. Yg begini baru boleh disebut ulama

  12. infosyiah said

    Setuju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: