Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Jamshid dan Khurshid menandingi film 300

Posted by infosyiah pada 0, Maret 18, 2007

Jamshid dan Khurshid menandingi film 300 

Behruz Yaqhmaiyan, sutradara film animasi berjudul Jamshid dan Khurshid, mengatakan bahwa film animasi yang dibuatnya berdasarkan peradaban kuno Persia. Diharapkan bahwa film animasi ini dapat menjadi tandingan film 300 yang sangat melukai hati orang Iran. 

Pada hari jumat kemarin, dalam sebuah pertemuan sutradara ini mengatakan bahwa film animasi yang digarapnya sudah hampir selesai. Ia berkata: “Hollywood senantiasa membuat film dengan mengetengahkan jagoan fantasi mereka lewat kebohongan. Film seperti 300 dan Iskandar adalah contohnya”. 

Sebagai usaha untuk meluruskan sejarah perlu dilakukan tandingan dengan mengeluarkan karya budaya yang berasal dari budaya asli Iran. Dengan alasan inilah, film Jamshid dan Khurshid dibuat. Tokoh-tokoh animasi Amerika, Jepang dan beberapa negara lain sudah sekian lama diputar di televisi kita. Dengan membuat karya sejenis yang berangkat dari kenyataan yang sebenarnya, diharapkan imej yang telah tertanam ini dapat dihilangkan. 

Apa lagi, biaya produksi pembuatan film animasi lebih murah. Film Jamshid dan Khurshid ini dibuat selama tiga tahun dan menghabiskan biaya kurang lebih 5 miliar. Dalam film tersebut sebagai pengisi suara dipakai bintang-bintang papan atas Iran seperti Parviz Parastoui, Taraneh Ali Dusti, Janggis Khalilvand, Rambad Javan dan Soraya Ghasimi.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: