Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Terungkapnya misteri baru dari arsitektur Islam

Posted by infosyiah pada 0, Maret 18, 2007

Terungkapnya misteri baru dari arsitektur Islam 

Dilaporkan bahwa perhitungan matematik yang dipakai dalam menyusun keramik oleh para arsitektur Islam di abad pertengahan baru dapat disaingi oleh Eropa 30 tahun. 

Pesan-pesan dan rahasia yang tersimpan pada tembok-tembok tempat ziarah diletakkan dalam bentuk rumusan. Setiap orang akan terkagum-kagum bagaimana rumusan itu hanya dapat ditemukan dalam buku Davinci. 

Peter Lu dan Paul Steinhardt melaporkan bahwa kebanyakan dari keramik yang dipasang pada bangunan-bangunan Islam 500 tahun lalu memberikan banyak informasi tentang contoh-contoh matematika. Contoh-contoh ini sampai dekade 70-an Barat belum dapat menyingkapnya. 

Islam yang memperkenalkan aljabar kepada dunia. Namun, contoh-contoh dan rumusan yang ditemukan lebih kompleks dari aljabar sederhana. Rumusan yang dipakai sangat maju dalam matematika. 

Keith Critchlow dalam bukunya menuliskan: “Menarik sekali, selama ini rumusan-rumusan yang ada ini senantiasa ada di hadapan orang-orang Barat, namun kita tidak dapat menguasainya. Sekarang kami bisa memahami bagaimana kemajuan peradaban Islam di abar pertengahan”. 

Rumusan-rumusan ini dimuat pada dinding-dinding bangunan peribadatan Islam bukan karena dilarang. Tapi, karena rumusan ini lebih sulit dari model yang ada, sehingga diletakkan di sana.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: