Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Lembaga urusan keagamaan Thailand membuat game genre remaja guna menyaingi game kekerasan barat

Posted by infosyiah pada 0, Maret 19, 2007

Lembaga urusan keagamaan Thailand membuat game genre remaja guna menyaingi game kekerasan

setelah diberitakan bahwa seorang anak muda menyerang ibunya karena si ibu tidak memberinya uang untuk bermain game kekerasan barat, salah satu pengurus keagamaan Budha membuat game dengan nama “game akhlak”.

Kepala urusan keagamaan dan akhlak lembaga pengembangan akhlak adalah penemu dan desainer game akhlak.  

Ia mengatakan bahwa tidak mungkin kita menolak anak-anak untuk tidak  bermain game. Jalan satu-satunya adalah kita harus membuat game yang bagus buat mereka. Game ini secara tidak langsung mengajarkan akhlak kepada anak-anak kecil tentang akhlak, melakukan perbuatan-perbuatan terpuji, khususnya lima poin penting menurut ajaran Budha.

Ia melakukan rencananya secara sembunyi-sembunyi, karena ia tidak yakin idenya akan diterima oleh atasannya.

Setelah jam kerja ia tetap duduk di depan komputernya untuk meneliti apa sebenarnya yang membuat anak-anak tertarik dengan game ini. Kebanyakan game-game yang ada itu tentang kekerasan dan pembunuhan. Untuk menandinginya ia membuat game dengan empat sosok tokoh yang menarik.

Empat tokoh ini adalah seorang tua yang dihormati, anak yatim yang pintar dan cerdas. Gadis kecil yang penuh kasih sayang dan seorang pemuda keturunan Cina yang lahir dari keluarga kaya.

Untuk menggambar fisik tokoh-tokoh tersebut ia mengajak anak-anak bekerja sama dengannya untuk membahagiakan mereka.

Topik game itu adalah ketiga anak-anak tersebut menyertai tokoh tua yang dihormati dalam menjalankan kewajiban-kewajiban agama. Namun di pertengahan usaha-usaha menjalankan ibadah ini banyak tantangan. Untuk menyingkirkan tantangan-tantangan itu setiap orang harus menggunakan kecerdasan akal dan budi pekertinya.

Pada game-game Barat, untuk sampai pada tahapan berikutnya, harus menggunakan kekerasan dan membunuh orang lain. Namun, dalam game akhlak, menciderai seekor binatang pun akan membuat nilai negatif.

Lima poin penting ajaran Budha; jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mabuk-mabukan, jangan berbohong dan jangan memerkosa, akan muncul di akhir game ketika empat orang tokoh ini mengajarkan kepada penduduk desa bila akhlak dan perbuatan mereka sesuai dengan ajaran Budha.

Proyek ini sudah mendapat persetujuan dan diputuskan dengan biaya 3 juta 200 ribu Bath untuk pembuatan. Namun diperkecil menjadi 1 juta 200 ribu Bath.

Menurutnya, sebuah perusahaan yang aktif membuat game kekerasan akan mengganti aktivitasnya dengan membuat game baru ini.

Game akhlak ini sudah beredar sebanyak 10 ribu keping dan mendapat sambutan baik anak-anak. Bahkan banyak yang pesan melalui via telepon.

Saat ini tengah diresmikan chanel televisi mengenai acara animasi dan menerbitkan buku-buku kartun. Ia juga akan mengadakan lomba untuk mendesain game akhlak kedua.Infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: