Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Kemarin tanggal hijrah Nabi Muhammad saw dari Mekkah ke Madinah

Posted by infosyiah pada 0, Maret 21, 2007

Kemarin tanggal hijrah Nabi Muhammad saw dari Mekkah ke Madinah

Setelah kematian Abu Thalib dan Sayyidah Khadijah, tekanan masyarakat Mekkah terhadap kaum muslimin semakin menjadi-jadi. Di sisi lain, penduduk Madinah yang dahulu bernama Yatsrib mulai memeluk Islam sebagai agamanya.

Mulanya Rasulllah saw memerintahkan beberapa orang untuk melakukan hijrah ke Madinah. Hal itu berlangsung hingga tinggal beberapa orang saja bersama Rasulullah saw di Mekkah. Keadaan ini sungguh membahayakan Nabi. Apa lagi, pada akhir-akhir bulan Safar, tokoh-tokoh Quraisy berniat untuk membunuh Nabi Muhammad saw. Nabi memutuskan untuk melakukan hijrah. Ali anak pamannya diminta untuk menggantikannya tidur di pembaringannya agar beliau dengan mudah dapat pergi ke Mekkah.

Setelah pergi, selama tiga hari bersama Abu Bakar di gua Hira’. Pada malam keempat dari bulan Rabiul Awal beliau berangkat menuju Madinah. Pada tanggal 12 Rabiul Awal beliau tiba di Madinah.

Imam Zainal Abidin berkata: “Ketika Nabi tiba di kota Quba, Abu Bakar bersamanya. Tiba di sana, Nabi berhenti dan duduk untuk menanti Ali bin Abi Thalib. Melihat itu Abu Bakar berkata: “Bangunlah! Mari kita pergi ke Madinah. Penduduk di sana akan sangat senang melihatmu. Mereka sudah lama menantimu. Mari kita pergi dan jangan menanti Ali di sini. Aku pikir sampai satu bulan ke depan pun Ali tidak akan sampai ke sini”.

Nabi menjawab: “Aku tidak akan bergerak dari tempatku, sampai anak paman, saudaraku di sisi Allah dan orang yang paling dicintai oleh Allah, orang yang rela mengorbankan jiwanya untuk keselamatanku dari kejaran orang-orang musyrik”.

Imam Ali Zainal Abidin berkata: “Mendengar jawaban Nabi Muhammad saw, Abu Bakar kesal dan marah. Ia iri dengan Ali bin Abi Thalib”.

Hijrah Rasulullah saw dimulai dari awal Rabiul Awal. Tepatnya pada malam kamis. Setelah tiga hari bersembunyi di gua Hira’ pada tanggal 4 Rabiul Awal beliau menuju Madinah. Lewat riwayat Imam Zainal Abidin as, Nabi tinggal di Quba selama sepuluh hari sampai kedatangan Imam Ali as.

Dalam riwayat Ahli Sunah disebutkan bahwa Nabi tinggal di Quba selama 15 hari. Dan hari kelima belas dari bulan Rabiul Awal, Imam Ali as tiba di Quba.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Kemarin tanggal hijrah Nabi Muhammad saw dari Mekkah ke Madinah”

  1. carnelian said

    Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Medinah adalah tanggal 1 Rabiul Awal. Lantas kenapa tahun baru Islam yang ‘katanya’ berdasarkan hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Medinah ini, malah jadi tanggal 1 Muharram?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: