Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Ahmadi Nejad tidak jadi ke New York

Posted by infosyiah pada 0, Maret 24, 2007

Ahmadi Nejad tidak jadi ke New York

Setelah Ahmadi Nejad mengumumkan untuk hadir di gedung PBB di New York, media Barat melancarkan perang urat syaraf. CNN menyebutkan bahwa Amerika sebagai tokoh kebebasan. Dalam salah satu makalahnya menyebutkan: “Amerika harus menerima musuh rakyat Amerika dan harus menanggung penghinaan mereka”.

Wartawan CNN yang berada di Teheran menyebutkan adanya perselisihan dalam negeri terkait masalah program energi nuklirnya. CNN menyebutkan bahwa apakah kepergiannya ke New York merupakan pilihan terbaik? Kelompok reformasi menanyakan kepada Ahmadi Nejad bahwa mengapa ia memutuskan untuk pergi ke New York sementara ia menganggap badan dunia itu tidak lagi memiliki kredibilitas.

Namun, dengan pidato Rahbar Iran Ayatullah Khamene’i di Mashad yang mendukung sikap Ahmadi Nejad untuk pergi ke New York, gagal lagi isu yang dimunculkan oleh media-media Barat untuk mempengaruhi opini dunia.

Mengenai gagalnya kepergian Ahmadi Nejad ke New York, juru bicara kementrian luar negeri Iran menyebutkan bahwa Amerika secara sengaja memperlambat keluarnya visa Ahmadi Nejad. Sebelumnya, ketika kementrian luar negeri Iran menyatakan bahwa visa untuk Ahmadi Nejad dan rombongan belum keluar, juru bicara dewan keamanan nasional gedung putih mengeluarkan pernyataan: “Apa yang disampaikan Iran tidak benar. Kementrian luar negeri Amerika pada Minggu ini telah mengeluarkan visa”.

Juru bicara kementrian luar negeri Amerika pada hari senin mengatakan: “Amerika telah mengeluarkan visa untuk 39 orang dengan perincian 13 untuk diplomat dan 26 untuk regu keamanan. Pada hari senin, Iran juga meminta tambahan visa untuk 33 orang kru pesawat dan itu sedang dikerjakan”.

Sementara itu, Iran mengklaim bahwa permintaan visa telah dilakukan sejak lama lewat kedutaan Swiss. Kedutaan Swiss hingga hari jumat siang ketika ditanya mengenai keluarnya visa, mereka menjawab: “Tidak tahu”.

Menjawab itu, jubir kementrian luar negeri Amerika menyebutkan bahwa sebagian dari kru pesawat tidak melengkapi data-data yang dibutuhkan. Oleh karenanya, dokumen yang yang belum lengkap masih diperiksa.

Ini bukan yang pertama kalinya Amerika dengan berbagai alasan tidak memberikan visa kepada wakil-wakil Iran yang akan menghadiri pertemuan di gedung PBB. Padahal, sesuai dengan perjanjian, negara tuan rumah PBB punya kewajiban untuk mengeluarkan visa utusan-utusan negara anggota PBB.

Kelihatannya, Amerika berusaha menahan Ahmadi Najad dan rombongan untuk menghadiri pengambilan keputusan dewan keamanan PBB mengenai embargo Iran. Keluarnya visa juga diusahakan sedemikian rupa sehingga dengan jauhnya jarak, utusan Iran yang diwakili langsung oleh presidennya itu tidak akan sampai pada waktu yang diinginkan.[infosyiah]

2 Tanggapan to “Ahmadi Nejad tidak jadi ke New York”

  1. Maju terus iran… jangan takut amerika

  2. nunk said

    just go ..go iran dont afraid with amerika
    maju terus pantang mundur
    amerika hanya pinter bluffing
    tapi paling takut kalo udah d suruh fighting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: