Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Keputusan Ahmadi Nejad ke PBB dan tiga masalah

Posted by infosyiah pada 0, Maret 24, 2007

Keputusan Ahmadi Nejad ke PBB dan tiga masalah

Sesaat setelah Ahmadi Nejad mengeluarkan pernyataan untuk ikut dalam rapat Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan sebuah resolusi baru terhadap Iran, media Barat segera menunjukkan reaksi. Media Barat; baik murni dari media sendiri atau sebagai kepanjangan tangan komentar yang dikeluarkan oleh pejabat-pejabat tinggi Amerika. Berikut ini ada tiga masalah penting yang dikemukakan untuk mempertanyakan kepergian Ahmadi Nejad.

1. Keputusan untuk hadir di DK PBB tidak memiliki alasan yang kokoh karena Iran punya perwakilan di PBB.

Dalam pasal 14 aturan tata tertib DK PBB memberikan kesempatan kepada setiap negara untuk hadir dalam rapat DK PBB. Utusan setiap negara tidak terbatas pada duta besar negara tersebut atau menteri luar negeri tapi juga termasuk kepala negara bersangkutan.

Berdasarkan tata tertib inilah, wakil dari Afrika Selatan yang menjadi ketua DK PBB menerima pernyataan presiden Iran Ahmadi Nejad dengan gembira. Setelah pernyataan yang dikeluarkan oleh ketua DK PBB, isu-isu yang disebarkan untuk mempertanyakan legalitas kehadiran presiden Iran di PBB menjadi redam.

2. Ketika Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi bernomor 1737, Ahmadi Nejad menganggap keputusan itu hanya sekadar “sobekan kertas”.  Begitu juga dengan membandingkan keterlambatan Dewan Keamanan dalam mengeluarkan resolusi untuk menghentikan invasi Israel membuat Ahmadi Nejad menganggap DK PBB telah keluar dari prinsip aslinya. Oleh karenanya, resolusi yang dikeluarkan tidak memiliki kekuatan hukum. PBB telah jatuh di mata Ahmadi Nejad. Pertanyaannya adalah lalu mengapa Ahmadi Nejad masih bersikeras untuk ikut dalam rapat DK PBB?

Hampir seluruh media Barat paling berpengaruh memunculkan pertanyaan ini. Tidak hanya CNN, BBC dan lain-lain, koran as-Syarq al-Awsath edisi London melontarkan isu yang sama. Pejabat-pejabat tinggi gedung putih juga berusaha memperbesar masalah ini. Juru bicara kementrian luar negeri Amerika mengeluarkan pernyataan: “Aneh, seorang presiden yang menyebutkan bahwa keputusan DK PBB akan disobek-sobeknya” ?!

Selain Ahmadi Nejad menyampaikan bahwa Iran punya usulan baru untuk menyelesaikan masalah energi nuklir Iran, dan itu yang membuatnya bersikeras untuk pergi menghadiri rapat DK PBB, dalam ajaran Syiah hal yang demikian pernah terjadi. Imam Ali Zainal Abidin as pernah hadir di masjid Bani Umayah dan naik ke atas mimbarnya, tempat pemimpin bani Umayah memberikan wejangan. Pertama beliau mengingatkan bahwa mimbar yang dipakai penguasa ini ilegal. Imam Sajjad as bahkan menyebut mimbar itu sebagai “kayu pecah”. Setelah itu beliau memulai ceramahnya yang mencerahkan sehingga mereka yang hadir di sana mengetahui kebenaran yang selama ini tersimpan.

3. Semua orang tahu bahwa keputusan resolusi itu telah diambil terlebih dahulu dalam rapat-rapat tidak resmi dan tertutup. Ketika rapat resmi, itu hanya untuk membacakan hasil yang telah disepakati sebelumnya. Lalu apa gunanya Ahmadi Nejad ikut dalam rapat resmi itu?

Ahmadi Nejad ketika terpilih sebagai presiden, ia telah mencanangkan bahwa politik luar negerinya akan lebih aktif dari sebelum-sebelumnya. Melihat Iran sejak awal kemenangan revolusi Islamnya, senantiasa dikucilkan oleh kekuatan-kekuatan besar dunia, sikap ini adalah sangat tepat. Karena pengucilan itu akan semakin berkurang dengan kehadiran dan penjelasan Ahmadi Nejad di DK PBB.

Dengan politik aktif luar negerinya, pemerintah Ahmadi Nejad berhasil membuat resolusi 1737 menjadi mandul sekalipun telah disepakati oleh DK PBB. Pidato Ahmadi Nejad di DK PBB akan mengungkap semua kebohongan yang selama ini diramu oleh media-media Barat. Dengan itu, Ahmadi Nejad punya kesempatan untuk meluruskan ungkapan-ungkapannya yang telah dibengkokkan oleh media Barat dan pejabat-pejabat Amerika.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Keputusan Ahmadi Nejad ke PBB dan tiga masalah”

  1. Apapun yang diputuskn Presiden Iran dn mendapat dukungan Rahbar Ayatullah Sayyid Ali Khamenei itu yang terbaik dan harus kita dukung. Maju terus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: