Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Penangkapan 15 anggota angkatan laut Inggris di sungai Arvand

Posted by infosyiah pada 0, Maret 25, 2007

Penangkapan 15 anggota angkatan laut Inggris di sungai Arvand

Pada hari jumat lalu, Iran menangkap 15 tentara marinir Inggris. Untuk mendapatkan laporan yang lebih terperinci, ke 15 tentara itu dibawa ke Teheran.

Berdasarkan laporan BBC, Inggris menyebutkan bahwa dari ke 15 orang yang ditangkap, 8 orang adalah awak kapal sementara 7 orang lainnya tentara angkatan laut Inggris. Mereka sedang melakukan tugas patrolinya di teritorial Irak ketika angkatan laut Iran menangkap mereka. Inggris meminta agar mereka segera dilepaskan.

Iran menyebutkan bahwa ke 15 orang itu telah masuk ke wilayah Iran. Jubir kementrian luar negeri Iran menyebutkan bahwa aksi ke 15 tentara Inggris itu telah memasuki teritorial Iran adalah sebuah aksi yang patut dicurigai dan melanggar undang-undang internasional. Jubir kementrian luar negeri Iran mengutuk aksi itu.

Wakil deputi budaya dan publikasi pertahanan angkatan bersenjata Iran, Alireza Afshar pada hari sabtu pagi mengiakan tertangkapnya 15 tentara Inggris. Ia berkata: “Kami punya data-data tentang kehadiran tentara Inggris di perairan Iran”. Ia melanjutkan: “15 tentara Inggris tidak mengindahkan peringatan yang disampaikan oleh patroli Iran. Mereka yang tertangkap juga mengakui bahwa penangkapan mereka berada di wilayah Iran”.

Saat ini penyidikan masih terus dilanjutkan.

Siang hari setelah penangkapan, kedua diplomat Iran dan Inggris sibuk melakukan dialog di Teheran dan London. Kedua duta besar di negara tamu diajukan untuk diminta keterangan mengenai masalah ini. Keduanya saling bersikukuh dengan pendapat masing-masing. Inggris mengklaim bahwa 15 orang yang tertangkap sedang melakukan patroli biasa di perairan Irak. Sementara Iran mengklaim bahwa mereka ditangkap di perairan Iran.

Pada tahun 2004 bulan Juni 8 orang marinir Inggris tertangkap di sungai yang sama. Setelah empat hari melakukan perundingan, akhirnya ke 8 marinir Inggris itu dibebaskan.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: