Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Arab Saudi: “Rencana perdamaian Arab tidak akan berubah”

Posted by infosyiah pada 0, Maret 26, 2007

Arab Saudi: “Rencana perdamaian Arab tidak akan berubah”

Su’ud al-Faisal, menteri luar negeri Arab Saudi pada hari kemarin mengeluarkan pernyataan bahwa tidak ada perubahan dalam rencana perdamaian Arab dan Israel.

Menurut laporan dari MEHR menukil dari AFP ucapan Su’ud al-Faisal disampaikan sehari setelah pertemuan empat negara dengan Rice, menteri luar negeri Amerika di Mesir. Keempat negara itu adalah Arab Saudi, Emirat, Yordania dan Mesir.

Arab Saudi adalah penggagas perdamaian negara-negara Arab pada pertemuan kepala-kepala negara Arab pada tahun 2002 di Beirut. Al-Faisal menegaskan: “Rencana perdamaian negara-negara Arab tidak akan mengalami perubahan, bahkan tidak akan ada penyesuaian. Sebelum ini juga saya sudah mengutarakan masalah ini sekitar 20 kali. Saat ini saya mengulanginya lagi”.

Rencana asli perdamaian negara-negara Arab adalah mundurnya Israel dari tanah yang didudukinya seperti sebelum diduduki sebelum tahun 1967. Sebagai gantinya, negara-negara Arab harus mengakui Israel sebagai negara berdaulat.

Ketika rencana ini disetujui, Israel tidak setuju dengan isinya. Namun, sekarang Israel menunjukkan reaksi menerima rencana itu dengan sedikit penyesuaian. Salah satu bagian yang diinginkan oleh Israel agar segera ada penyesuaian adalah kembalinya para pengungsi Palestina ke daerah yang dikuasai oleh PLO dan bukannya kembali ke Israel.

Terkait dengan pembicaraan keempat negara itu dengan Rice, menteri luar negeri Arab Saudi menjelaskan: “Pertemuan ini tidak ada hubungannya dengan perundingan kepala-kepala negara Arab di Riyadh”. Pertemuan itu akan dilaksanakan pada tanggal 29-29 bulan ini.

Pertemuan kepala-kepala negara Arab akan membicarakan juga masalah Timur Tengah dan Lebanon. Su’ud al-Faisal berharap bahwa rakyat Lebanon dapat mencari solusi bagi kemelut yang melanda negerinya.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: