Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Libya memboikot pertemuan kepala-kepala negara Arab

Posted by infosyiah pada 0, Maret 26, 2007

Libya memboikot pertemuan kepala-kepala negara Arab

Pemerintah Libya mengeluarkan pernyataan untuk memboikot pertemuan kepala-kepala negara Arab.

Kantor berita MEHR menukil dari AFP melaporkan bahwa para utusan tetap dan pejabat-pejabat tinggi negara-negara Arab pada hari Minggu kemarin telah menyetujui agenda yang akan dibicarakan nanti. Rencananya Riyadh akan menjadi tuan rumah pertemuan ini pada tanggal 28-29 Maret.

Dalam agenda itu yang menjadi perhatian adalah rencana perdamaian negara-negara Arab dengan Israel dan masalah Irak. Rencana perdamaian itu diusulkan oleh Raja Abdullah bin Abdul Aziz pada tahun 2002. Usulan itu dimaksudkan untuk menerima Israel sebagai negara berdaulat.

Menurut berita dari seorang pejabat tinggi Arab yang tidak ingin namanya disebut mengatakan bahwa agenda yang dibicarakan selain rencana perdamaian negara-negara Arab dengan Israel, akan dibicarakan juga perkembangan yang terjadi di Irak, Palestina dan Sudan.

Dalam wawancaranya dengan AFP ia menyebutkan: “Pemerintah Libya akan memboikot pertemuan ini. Oleh karenanya, Tripoli tidak akan mengirimkan perwakilannya ke pertemuan Riyadh”.

Pemboikotan yang dilakukan oleh Libya ini muncul akibat tidak setujunya Libya dengan Arab Saudi sebagai tuan rumah. Pertemuan ini harus dilakukan di Sharm a-Sheikh di Mesir. Bahkan sebelum ini, sekjen persatuan negara-negara Arab menyebutkan bahwa tidak akan ada penyesuaian lagi dalam masalah perdamaian negara-negara Arab dengan Israel.

Pejabat yang tidak ingin namanya disebutkan ini mengatakan: “Krisis Lebanon merupakan salah satu agenda penting yang akan dibicarakan”. Lebanon kali ini akan datang dengan dua  utusan; dari presiden dan perdana menteri.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Libya memboikot pertemuan kepala-kepala negara Arab”

  1. rusle said

    lha, apa hubungannya boikot dgn tempat pertemuan? kenapa ngotot harus di mesir ya? any info?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: