Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Qaddafi memboikot pertemuan Negara-negara Arab untuk memanasi Iran

Posted by infosyiah pada 0, Maret 28, 2007

Qaddafi memboikot pertemuan Negara-negara Arab untuk memanasi Iran

Dalam wawancaranya dengan televisi Aljazeera, Muammar Qaddafi presiden Lybia menyebutkan alasan sebenarnya mengapa ia ingin melakukan boikot terhadap pertemuan kepala-kepala negara Arab.

Katanya: “Saya tidak akan ikut dalam perundingan yang membagi Islam menjadi dua golongan Syiah dan Sunni. Saya tidak akan ikut dalam perundingan yang mengajak negara-negara Arab untuk memusuhi Iran dan pertemuan yang selaras dengan kepentingan-kepentingan kekuatan Barat”.

Pertemuan tahunan kepala-kepala negara Arab setiap tahun dilaksanakan. Dan pada hari ini dibuka secara resmi di Riyadh. Dalam pertemuan ini ada kecemasan dari sebagian kepala-kepala negara Ahli Sunah yang mengekor Barat di Timur tengah dengan program nuklir Iran dan konflik sektarian di Irak.

Sampai saat ini Lybia tidak punya hubungan diplomatik yang baik. Dalam pertemuan kepala-kepala negara Arab di Sharm as-Sheikh, Mesir pada tahun 2003, Raja Abdullah menghina Qaddafi.

Qaddafi juga mengatakan bahwa ia tidak percaya dengan pemimpin negara-negara Arab. Hal itu dikarenakan pada dekade 80-an, ketika Amerika memboikot Lybia, negara-negara Arab membiarkannya sendiri.

Ia melanjutkan: “Lybia adalah negara Afrika. Negara-negara Arab selama ini belum pernah berperang bersama kami menghadapi Amerika. Dan untuk membebaskan Lybia dari embargo pun mereka tidak berusaha apa-apa”.[infosyiah]

4 Tanggapan to “Qaddafi memboikot pertemuan Negara-negara Arab untuk memanasi Iran”

  1. abu fadl said

    Libya salah satu negara yang konsisten membela perjuangan Palestina dan tidak mau tunduk dengan keinginan AS dan Israel. Bahkan diembargo karena itu.

    Jika Iran dan Libya bisa bekerja-sama dengan erat, akan bisa menyeimbangkan kekuatan di Timteng dan bermanfaat besar untuk persatuan dan kepentingan umat Islam.

  2. pakyu PeBeBe said

    Qaddafi emang the best, kapan ya indonesia punya pemimimpin kaya Qaddafi?

  3. Anjaz said

    saya juga melihat hal demikian bahwa negara-negara arab ada kecenderungan lebih memihak ke AS, dan tak mau ambil resiko dengan memperhatikan nasib negara-negara seimannya.

  4. boby said

    kan kita punya presiden yg undlap undlup…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: