Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Parlemen Irak menginginkan dihapusnya pasal 17 UU Bremer

Posted by infosyiah pada 0, April 1, 2007

Parlemen Irak menginginkan dihapusnya pasal 17 UU Bremer

Pasal ke 17 undang-undang yang dibuat oleh Paul Bremer menyebutkan bahwa semua kekayaan pemerintah Irak dapat dikuasai oleh Amerika. Pimpinan partai Umat Irak dan juga anggota DPR Irak mengingatkan bahwa Amerika belum juga mau menerima keinginan jutaan rakyat Irak, para pemimpin partai dan agama serta anggota DPR Irak. Sampai saat ini Amerika masih menduduki istana kepresidenan Irak. Bila ini terus berlanjut, Amerika akan menyaksikan demonstrasi dan pemogokan rakyat Irak.

77 anggota parlemen secara mufakat melakukan aksi agar kedutaan besar Amerika segera keluar dari istana kepresidenan Irak. Kesepakatan ini ditindaklanjuti setelah satu dari anggota parlemen menyebutkan bahwa kehadiran kedutaan Amerika di istana kepresidenan Irak menginjak-injak martabat bangsa Irak.

Sampai saat ini kedutaan Amerika berada di salah satu bangunan paling megah dari istana kepresidenan Irak di kawasan keamanan al-Khadhra di pusat kota Baghdad.

Menurut laporan IRNA, Mitsal Alusi ketua partai Umat dan anggota DPR dalam sebuah pidatonya menginginkan agar Amerika keluar dari istana kepresidenan Irak. Dalam pidatonya ia juga menyinggung bahwa langkah pertama untuk menerima kembali kekuasaan nasional sekalian memberikan rasa aman kepada rakyat Irak dapat dipenuhi bila pemerintah Irak dapat berkuasa penuh. Amerika harus keluar dari istana kepresidenan Irak.

77 anggota parlemen menyetujui usulan Alusi dan meminta agar kedutaan Amerika sama seperti kedutaan negara-negara lainnya memiliki bangunan terpisah di luar dari istana kepresidenan. Amerika dapat memiliki kedutaan dengan cara membeli atau menyewa.

Untuk lebih menekan pemerintah dan Amerika, Alusi memberikan usulan bahwa langkah itu dapat dimulai dengan mengumpulkan jutaan tanda tangan dari rakyat. Untuk itu ia meminta kepada seluruh partai politik dan pemimpin agama untuk mendukung rencananya ini.

Kedutaan Amerika menempati gedung istana kepresidenan Irak karena ketakutan akan serangan bersenjata dari kelompok-kelompok bersenjata maupun tidak. Itulah mengapa mereka tidak mau keluar dari kawasan al-Khadhra.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Parlemen Irak menginginkan dihapusnya pasal 17 UU Bremer”

  1. abu fadl said

    Kalau betul begitu, jelas-jelas pasal ini dibikin oleh penjajah AS yang ingin merampok negara Irak.
    Ada yang punya isi detailnya pasal ini ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: