Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Bagaimana caranya agar berjiwa besar?

Posted by infosyiah pada 0, April 3, 2007

Soal: Bagaimana caranya agar berjiwa besar?

Jawab: Imam Ali as berkata kepada Hammam: “Khalik, agung dalam jiwa mereka dan kecil selain Khalik” (Nahjul Balaghah, khotbah 193). Maksudnya, karena Allah pada jiwa mereka adalah agung dan selain-Nya, apa pun itu, adalah kecil.

Ketika kita berada di atas tanah, satu hektar luas tanah bagi kita adalah terlalu luas. Namun, bila kita naik pesawat, semakin pesawat meninggi, tanah yang ukurannya satu hektar semakin, dan semakin mengecil.

Jika kita melihat uang yang tersimpan di bank, maka kita akan melihat bahwa modal kita sedikit. Jika kita melihat bacaan tasbih seluruh makhluk, maka bacaan tasbih kita bukan apa-apa. Jika kita melihat perpustakaan-perpustakaan besar dunia, maka dengan beberapa kitab yang kita baca tidak membuat kita sombong.

Ketika dikatakan kepada Imam Sajjad as: “Betapa banyaknya engkau beribadah?”. Beliau menjawab: “Ibadahku tidak seberapa bila dibandingkan dengan ibadahnya Ali bin Abi Thalib”

Dalam al-Quran Allah berfirman kepada Rasulullah saw: “Ingatlah kesusahan-kesusahan para nabi terdahulu, sehingga kesusahan-kesusahanmu terasa mudah”.

Betul bila kita melihat jerih payah kita, maka kita akan sombong. Kita harus melihat apa yang belum kita jalani, sehingga berpikir untuk menjalaninya.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: