Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Apa makna mengingat Allah di segala tempat?

Posted by infosyiah pada 0, April 6, 2007

Soal: Apa makna mengingat Allah di segala tempat?

Jawab: Banyak hadis yang menganjurkan memulai kerja dengan kata “Bismillah”. Bahkan disebutkan bila kita ingin mengganti makanan yang lain kita membaca “Bismillah” lagi (al-Bihar, jilid 63, hal 421).

Bila kalian memperhatikan sebuah pabrik, semua produk yang dibuat oleh mereka ada label perusahaan mereka. Sebagai contoh, pabrik keramik yang memproduksi beragam jenis keramik mulai dari yang besar sampai yang kecil ditempeli label perusahaan mereka. Kardus pembungkusnya juga diberi label yang sama, bahkan mobil pengangkutnya dicat sesuai dengan label perusahaan.

Di setiap kantor pejabat negara, mesti diletakkan sebuah bendera kecil negaranya. Begitu juga di setiap kantor pemerintah dan bisa dilihat pada kapal-kapal yang melewati rute laut internasional.

Manusia yang menyembah Allah dalam segala pekerjaannya juga punya label Allah baik pekerjaan itu besar ataupun kecil.

Nabi Ibrahim as berkata: “Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam” (An’am: 161).

Allah swt dalam al-Quran berkata kepada Nabinya untuk memulai pekerjaannya dengan mengingat-Nya “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan” (Alaq: 1). Begitu juga setelah selesai melaksanakan sebuah pekerjaan dan akan mengerjakan pekerjaan lain yang diridai Allah, “Maka apabila kamu Telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan Hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap” (Insyirah: 7-8).[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: