Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Mengapa Allah mengulur waktu buat orang zalim dan pendosa?

Posted by infosyiah pada 0, April 10, 2007

Soal: Mengapa Allah mengulur waktu buat orang zalim dan pendosa?

Jawab: Perusahaan air dan listrik tugasnya adalah menyambungkan air dan listrik ke rumah-rumah. Para pemilik rumah punya pilihan untuk mempergunakan air dan listrik secara benar atau salah.

Allah menciptakan manusia memiliki ikhtiar. Seluruh fasilitas untuk pertumbuhan diberikan. Bila manusia dengan ilmu dan kesadaran memilih keburukan, maka kesalahan dari dirinya sendiri.

Namun, mengapa Allah tidak mencegah orang-orang yang berbuat buruk?

Karena bila diasumsikan seorang pembohong harus dibuat bisu agar tidak dapat berbohong, seorang zalim yang menampar orang lain harus dipotong tangannya atau orang yang melihat sesuatu yang haram harus dibutakan matanya dan lain-lain, maka apakah manusia yang melakukan kebaikan karena terpaksa perlu mendapat pujian?

Nilai seorang manusia dapat dinilai ketika ia melakukan sesuatu dengan ikhtiarnya, bebas dan sadar atau tidak melakukan perbuatan buruk dengan ikhtiar, bebas dan sadar.

Bila seseorang diikat tangannya kemudian seluruh uang yang dimiliki diambil dan dibagi-bagikan ke orang miskin, kita tidak dapat menyebutnya sebagai orang dermawan. Bila seorang yang buta tidak dapat melihat seorang wanita yang bukan mahramnya, ia tidak dikategorikan orang yang tidak berdosa.

 

Benar, Allah menginginkan manusia bebas, sehingga ia dapat memilih dan mengamalkan jalan yang diinginkannya; baik atau buruk.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: