Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Dimensi politik filsafat Suhrawardi telah terbit

Posted by infosyiah pada 0, April 11, 2007

Dimensi politik filsafat Suhrawardi telah terbit

Akademi Sains dan Kultur Islam Qom menerbitkan buku Dimensi Politik Filsafat Syaikh Isyraq, Syihabuddin Suhrawardi. Buku ini ditulis oleh Rajab Ali Isfandiyar.

Pertanyaan penting yang ingin dijawab dalam buku ini adalah apa hubungan antara aliran filsafat Syaikh Isyraq dengan filsafat politik? Pertanyaan penting ini dijawab oleh penulis dalam sebuah mukadimah dan empat bab.

Empat bab yang dikaji dalam buku ini mengenai kehidupan dan lingkungannya, prinsip-prinsip filsafat politik Syaikh Isyraq, politik dalam filsafat Suhrawardi dan pemerintah ideal menurut Syaikh Isyraq.

Bab pertama membahas tentang kehidupan Syaikh Isyraq mulai dari kehidupan politiknya, sosial dan budaya. Situasi politik dan budaya di masanya juga dibahas di samping bagaimana filsafat politiknya terbentuk.

Bab ke dua dan tiga menjelaskan masalah prinsip-prinsip filsafat politik Suhrawardi, posisi dan substansi politik. Sebagian dari bab ke tiga membahas masalah filsafat teoritis dan praktis dan peran keduanya dalam kehidupan manusia dalam pikiran Syaikh Isyraq. Tertulis, Suhrawardi menganggap keadilan berasal dari kebijakan, keberanian dan kehormatan. Dan ketiganya ini merupakan keharusan dalam melalui suluk praktis. Yang menjadi tolok ukur adalah kemampuan dan kesetimbangan bukan ifrat atau tafrit.

Bab ke empat kita dibawa mengenal pemerintah ideal menurut Suhrawardi. Pada bagian keharusan pemerintah dan negara kita dibawa membaca bukunya Partu Nameh. Di sana disebutkan “Ketahuilah! Karena ketidakmampuan setiap orang untuk melakukan aktivitasnya secara terpisah seperti dagang, nikah dan qisas, maka tidak ada pilihan lain harus berpegangan dengan syariat yang diikutinya atau undang-undang yang ada. Buku ini ditulis dalam 144 halaman.[infosyiah]

2 Tanggapan to “Dimensi politik filsafat Suhrawardi telah terbit”

  1. ian said

    minimal dlm tulisan seorang tokoh tidk mengilangkan identitas tokoh( klasifikasi pemikiran/konsep seorang tokoh), dan kemdian sebutkan data yang detail…

  2. bisa ditulis lebih lengkap lagi, terutama pemikiran politiknya, siapa yang mempengaruhi dan apa ciri khasnya, atau menurut analisa anda, di indonesia literatur sangat sedikit
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: