Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Bagaimana kita melihat hubungan antara orang kafir dan fasik?

Posted by infosyiah pada 0, April 13, 2007

Soal: Bagaimana kita melihat hubungan antara orang kafir dan fasik?

Jawab: Dalam hadis kita membaca bahwa setiap orang yang menganggap dirinya lebih baik dari orang lain, maka ia dikategorikan sebagai orang yang sombong. “Barang siapa yang meyakini bahwa ia lebih utama dari orang lain, maka ia tergolong orang-orang sombong” (Bihar, jilid 70, hal 226).

Benar, karena kita tidak tahu akhir dari nasib seseorang, maka tidak boleh tergesa-gesa menghakimi orang lain. Banyak sekali orang fasik yang akhirnya menjadi orang mukmin dan orang mukmin yang akhir hidupnya ternyata fasik.

Imam Shadiq as dalam menjelaskan hadis di atas berkata: “Para penyihir yang dalam hidupnya menyimpang dari ajaran ilahi, setelah melihat mukjizat Nabi Musa as dalam sekejap menjadi mukmin. Bahkan semua ancaman Firaun tidak dihiraukan. Sementara setan dengan 6 ribu tahun beribadat akhirnya menyimpang. Lihat Hurr dan Zuhair pada peristiwa Karbala akhirnya mati sebagai syahid.

Dengan dasar ini, setiap orang yang masih menjalani kehidupannya, tidak boleh sombong karena ada kemungkinan ia keluar dari jalan kebenaran.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Bagaimana kita melihat hubungan antara orang kafir dan fasik?”

  1. fans ahlul bait said

    di dunia udah banyak orang fasik dan orang munafik.contohnya banyak umat muslim lebih membanggakan sahabat nabi,yg dia sendiri tidak tau asal usul sahabat itu dari pada keluarga nabi muhammad,yg jelas banyak memilki sifat muhammad dan maksum dr dosa.bahkan sampe2 mengutuk pencinta ahlul bait,subhanallah!!
    semoga allah segera menurunkan imam mahdi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: