Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Buku Hari kiamat Dalam Al-Quran karya Ayatullah Ibrahim Amini

Posted by infosyiah pada 0, April 13, 2007

Buku Hari kiamat Dalam Al-Quran karya Ayatullah Ibrahim Amini

Al-Quran merupakan salah satu kitab suci yang paling menekankan akan pentingnya masalah hari kiamat. Untuk menjelaskan itu banyak ayat-ayat yang membicarakan masalah hari kiamat. Buku Hari Kiamat Dalam Al-Quran mengkaji dan menjabarkan dimensi beragama mengenai hari kiamat dalam al-Quran seperti, jiwa, kubur, alam barzakh, kiamat, buku amalan, syafaat, shiratul mustakim, surga dan neraka.

Buku ini terdiri dari beberapa bab. Setelah membuktikan adanya hari kiamat dari sudut pandang fitrah dan akal, penulis membicarakan panjang lebar mengenai kematian dan alam setelah kematian. Sampai pada bahasan mengenai alam barzakh dan sifat-sifatnya, penulis membeberkan teori-teori yang ada berkenaan dengan badan barzakh. Teori Imam Khomeini tentang badan barzakh merupakan salah satu pendapat yang dibawakan penulis. Imam Khomeini menyebutkan, faktor dan potensi Izrailiyah dan malaikat Izrail mengantarkan potensi dan badan serta kehidupan alamiah manusia ke arah alam dan kehidupan barzakh, sehingga manusia terpisah dari alam tabiat. Itulah mengapa dalam kehidupan kita dapat kita rasakan bagaimana kekuatan pendengaran kita berangsur-angsur melemah. Penglihatan juga ikut melemah dan kekuatan tabiat manusia juga demikian. Arti dari semakin melemah dan kurang dalam badan tabiat adalah proses perubahan jasad tabiat menuju jasad barzakhi.

Salah bagian yang mestinya menjadi perhatian bagi pembaca buku ini terkait dengan masalah hak manusia dan menjaga hak-hak orang lain yang biasanya disebut-sebut sebagai “kondisi tersulit dari proses perhitungan amal perbuatan”. Sekaitan dengan masalah ini, penulis dengan bersandarkan pada ayat-ayat al-Quran dan riwayat-riwayat Ahlul Bait mengingatkan pembaca bahwa proses tersulit dari perhitungan amal perbuatan manusia terkait dengan kezaliman yang dilakukan terhadap orang lain dan hak-hak orang lain. Ayatullah Amini menyebutkan, sangat mungkin sekali pada hari kiamat Allah tidak mempermasalahkan hak-hak-Nya yang dilanggar oleh manusia. Namun, hak-hak orang lain yang dilanggar oleh seseorang tidak akan dimaafkan-Nya. Pemaafan itu hanya punya satu syarat, orang yang dilanggar hak-haknya memaafkan dan tidak lagi menuntut balik.

Bagian lain dari bab ini penulis membawakan sebuah hadis dari Imam Shadiq as, di hari kiamat, orang yang berhutang dihadapkan dalam kondisi cemas dan sangat ketakutan. Bila dia memiliki kebaikan dari perbuatannya, maka itu akan diambil untuk menutupi hutangnya. Dan bila dia tidak memiliki amal perbuatan baik, dosa dan keburukan orang yang meminjamkan hartanya kepada dia akan diambil dan diserahkan kepadanya.

Ayatullah Ibrahim Amini pada akhir bukunya mendefinisikan arti syafaat, sirat mustakim dan ciri-ciri dari orang-orang yang pada hari kiamat punya hak untuk memberikan syafaat. Selanjutnya, dengan berlandaskan ayat-ayat dan riwayat ia menjelaskan sifat-sifat dari neraka dan surga.[infosyiah]

2 Tanggapan to “Buku Hari kiamat Dalam Al-Quran karya Ayatullah Ibrahim Amini”

  1. surya risdianto said

    BAGUUSS!!!! LUMAYAN BAGUUSS!!! tapi aku masih sedikit ga dunk!! tapi ini bermanfaat bagi ku,,smoga ini brmanfaatbagi orang lain!!!!

  2. Andre said

    Salam,

    Saya mau tanya,

    Buku ini “Hari kiamat Dalam Al-Quran” karya Ayatullah Ibrahim Amini cetakan penerbit apa ya?
    Saya cari dimana-mana kok tidak ada, mungkin ada yang bisa bantu untuk informasinya.

    Syukron

    Wassalam
    Andre E
    gardotski@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: