Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Islam lebih mementingkan kualitas atau kuantitas?

Posted by infosyiah pada 0, April 22, 2007

Soal: Islam lebih mementingkan kualitas atau kuantitas?

Jawab: Dalam hal-hal tertentu, Islam memberikan penekanan terhadap kuantitas. salat jamaah adalah salah satu bukti bagaimana Islam menegaskan itu, semakin banyak jumlah yang hadir dalam salat jamaah, maka pahalanya semakin banyak.

Pada kondisi-kondisi tertentu, Islam mementingkan sisi kualitas. Memberikan infak kepada fakir miskin tidak dilihat dari berapa jumlahnya, tapi keikhlasan yang dimiliki oleh si pemberi. Ayat “Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan” (Insan: 8). Jumlah makanan yang diberikan oleh Ahlul Bait kepada anak yatim, orang miskin dan tawanan tidak banyak, namun diberikan dengan keikhlasan.

Pada kasus-kasus tertentu, Islam tidak melupakan masalah kuantitas dan kualitas. Al-Quran dalam menyebutkan masalah zikir kepada Allah “Berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya” (Ahzab: 41). Pada saat yang sama al-Quran menyebutkan: “(yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya” (Mu’minun: 2).[infosyiah]

2 Tanggapan to “Islam lebih mementingkan kualitas atau kuantitas?”

  1. kan ada yang bilang, kuantitas yang besar = kualitas,, bener ga sih??

  2. Kukira kualitas. Dengan pengikut-pengikut yang berkualitas Islam akan mampu menguasai dunia. Bukankah tulisan seorang yang berkualitas (Berilmu) akan mampu mempengaruhi orang untuk melakukan apapun sesuai dengan apa yang dimaui oleh si penulis. Bukankah dengan pengikut-pengikut yang berkualitas kita akan mampu menciptakan tekhnologi hingga orang-orang bergantung pada kita. Bukankah orang-orang berkualitas tidak mudah untuk ditipu untuk berbuat makar terhadap Islam. Bukankah, orang berkualitas biasanya tidak susah rejeki sehingga bisa membantu kepada yang miskin. Berkualitas dan berbudi pekerti islami…. wah kurasa banyak orang akan menaruh simpati….. menjadikannya teladan… ya nggak….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: