Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Demo anti Putin di Moskow

Posted by infosyiah pada 0, April 23, 2007

Demo anti Putin di Moskow

Zulfikar Qowi

TANGGAL 14 April, para penentang pemerintah Putin meng gelar demo di taman Pushkin, Moskow.

Demo ini disponsori oleh diorganisir  aliansi penentang yang disebut : “Rusia yang lain” yangmendukung Michael Kasyanov, eks Perdana Menteri Rusia, Berezovski milyuner tersohor dan Garri Kasparov Grand Master catur dunia. Aliansi ini yang meminta para pengikutnya untuk menggelar demo untuk menentang politik tidak demokrasinya pemerintahan Putin.

Demo ini berhadapan dengan polisi dan pasukan keamanan rusia yang kemudian menangkap 170 diantaranya para tokoh pimpinan pergerakan termasuk pula Gari kasparov sang GM dunia tersebut yang sekarang menjabat sebagai Front Persatuan Rakyat Rusia.

Polisi Moskow mangatakan bahwa demonstran tidak memiliki surat izin melakukan demo, karena itulahmereka mengambil tindakan preventif untuk mencegah demo illegal itu.

Ketika penggelaran demo anti Putin, kelompok “Pembela Pemuda” sayap dari partai “Rusia bersatu” pendukung Putin melakukan demo damai untuk menuntut pemerintah mengeluarkan UU berkenaan dengan imigran illegal yang mana minggu lalu aturan tersebut telah dilaksanakan. Mereka berhadapan dengan para imigran luar negeri di Rusia. Dalam demo ini terjadi pertemuan dua keolopok yang salang bertentangan : Pembela Pemuda dan Kelompok Pemuda yang saling menentang slogan yang dilantunkan. Hal ini terjadi didepan universitas negeri Moskow.

Demo kedua kelompok ini dikontrol oleh sekitar 9000 polisi dengan 2500 polisi khusus dengan K9 (anjing yang terlatih).

Demo anti Putin yang lain terjadi pada 15 April di kota Petersburg yang dihadiri ratusan ribu demonstrans.

Dalam jangka satu bulan yang lalu Rusia menjadi saksi demo para penentang politik Putin dengan alsanan intinya bahwa pemerintah Putin tidak memberikan kebebasan mengeluarkan pendapat dan demokrasi. Satu bulan yanglalau terjadi juga demo didepan bangunan keamanan federal Rusia  sehubungan dengan keterbatasan politik dan kebebasan mengeluarkan pendapat. Begitu juga pada bulan Maret tahun lalu terjadi demo anti pemerintah Rusia, dlam demo ini sekitar 113 orang ditangkap.

Pada saat ini penmentang Putin dari partai Yabluka, Rusia merdeka.

Tahun 2007Rusia menghadapi dua pemilu penting yaitu pemilihan Majlis Duma dan Kepresidenan. Kedua pemilu ini sangat penting terutama bagi partai Rusia bersatu pendukung Putin. Sudah sejak beberapa waktu yang lalu kelompok penentang Putin telah memulai propagandanya dan untuk merusak yang lain. Sementara kecintaan rakyat Rusia terhadap Putin kian meningkat, kecintaan inilah menjadi neraca positif untuk membuktikan kebahagian masyarakat yang berarti berjalannya nilai demokrasi.

Dengan kecintaan rakyat terhadap Putin tapi dihadapan para tokoh politik penentang Putin mereka meminta Putin untuk mengakhiri jabatan kepresidenannya dengan cepat.

Satu peristiwa yang terjadi di masa jabatan Putin adlah terbunuhnya sekitar 20 wartawan dan jurnalis yang menyebabkan protes penentangnya. Pembunuhan inilah menyebabkan gelombang protes didalam maupun di luar negeri yang terfokus pada keadaan kebebasan mengeluarkan pendapat termasuk Michail Gorbachev ikut menentang keadaan ini dan kemudian membuat satu saluran TV.

Beberapa hari lalu Amerika mengeluarkan laporan tentang keadaan hak hak azazi di Rusia yang memojokkan Rusia dengan menuduh tidak adanya demokrasi dan kebebasan mengeluarkan pendapat. Karena itu Suro Federasi Rusia mengeluarkan pernyataan pedas bahwa Amerika telah campur tangan terhadapa urusan dalam negeri Rusia danmeminta pada pemerintah untuk mengambil langkah khusus guna menangani masalah ini. Amerika beudaha merebut opini guna memberi pengaruh pada pemilihan parlemen Desember tahun ini dan pemilihan Presiden Maret tahun depan.

Salah satu penentang Putin adalah Boris Berezovski konglomerat yang diasingkan Rusia yang bedomisili di Inggris. Pada tanggal 14 Maret dalam wawancaranya dengan harian Inggris Guadian menginginkan jatuhnya Vladimir Putin dari kepresidenan Rusia.

Berdasarkan konglomerat ini untukmenjatuhkan Putin harus menggunakan kekerasan tampa kekerasan maka tidak akan ada perubahan yang akan didapat.

Barzovski setelah kejatuhan Rusia membeli saham pemerintah dan dijadikannya sebagai harta pribadi. Ia ikut pula mensupport cukup banyak untuk kepresidenan Putin pada awalnya.

Pada tahun 2000 Barzovski melarikan diri ke Inggris karena takut dibunuh oleh Putin.

Satu lagi penentang Putin adalah Michail Kasyanov yang pada  putaran pertama  kepresidenan Putin menjabat sebagai Perdana Menteri. Setelah terjadinya permasalahan dia disingkirkan dari posisinya dan kemudian endirikan koalisi kekuatan untuk menggalang kekuatan partai partai liberal dan pembaru dibawah saru paying. Dia slah satu politikus yang menentang politk perekonomian, perdagangan bebas Putin dengan tuduhan tidak memenuhi persyaratan. Seperti Berezovski, Kasyanov pun berdomisili di London, kebanyakan penentang Putin yangmelarikan diri dari Rusia memilih London Inggris untuk tempat tinggal termasuk tokoh kelompok sparatis Chechen.

Michail Kasyaniov sekarang menjabat Ketua persatuan rakyat democrat, yang beberapa waktu yanglalu telah mengumpulkan pengikutnya unuk mensukseskan pemilihan dirinya ebagai presiden dalam pemilu kepresidenan Rusia tahun 2008. Aktifitas ini telah dimulai beberapa waktu yang lalu.

Penentang lain adalah Kasparov. GM catur dunia yang menentang politik Putin. Sebulan lalu dalam wawancaranya dengan Spiegel (Jerman) meminta Eropa melakukan tekanan politik pada Rusia.

Diapun mengatakan dalam wawancara tersebut : Para pemimpin China dan Belarus tidak demoratis, mereka tidak bolehmenutupi mata kami dari dukungan Rusia terhadap Hizbullah, Hamas dan  Iran . Dia menganggap Hizbullah dan Hamas adalah kelompok teroris.

Sekarang orang seperti Berezevski,Kasyanov dan Kasparov adalah personal penentang pemerintahan Rusia dan berfihak pada barat. Mereka berusaha menghubungkan politik Rusia dengan tidak demokratis dan ketidak bebasan kepada dunia Islam. Memprotes negara negara seperti Iran , Balarus dan China , dan menginginkan dekatnya permerintah Rusia. Orang orang inipun sebenarnya mengetahui bahwa hubungannya dengan barat tidak sepenuhnya menguntungkan Rusia dan rakyatnya. Mereka melihat bahwa kelompok dan negara Islam merupakan ancaman.

Pertikaian politk antara partai dan pemerintah Rusia tidak berhubungan dengan krisis Timur Tengah. Dukungan Putin pada Hamas dan Hizbullah serta program nuklir di Iran hanya merupakan isu yang dilonarkan untuk kepentingan politik partai mereka. Sebenarnya pertikaian hanya menyangkut pergelutan keuatan politik dan ekonomi antara partai di Rusia untuk dapat menggalang opini sehingga dapat berhasil pada pemilu mendatang.

Perekonomian Rusia pada masa ini dipegang kolompok kelompol oligarasi Rusia dan para multi bilyuner seperti Abramovich, Oleg Deripaska. Vlademir Patnin dan  Yelena Baturina dari sekitar 61 milyader, dan dikatakan oleh majalah Finance dimana 32nya adalah anggota Duma dan Sura Federasi.

Oligarasi dan milyuner ini menyatu mendirikan partai dan erusha mencapai tujuan khusus mereka.

Kini yang paling menderita di Rusia adalah muslimn dinegara ini karena tidak ada supporternya.(infosyiah)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: