Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Apakah pribadi dan posisi seseorang berdampak pada pahala dan siksa?

Posted by infosyiah pada 0, April 27, 2007

Soal: Apakah pribadi dan posisi seseorang berdampak pada pahala dan siksa?

Jawab: Sekaitan dengan istri-istri Nabi Muhammad saw al-Quran menyebutkan: “Hai isteri-isteri nabi, siapa-siapa di antaramu yang mengerjakan perbuatan keji yang nyata, niscaya akan dilipatgandakan siksaan kepada mereka dua kali lipat” (Ahzab: 30). Pada saat yang sama, pahala yang akan mereka dapatkan juga digandakan dua kali lipat dibandingkan orang lain. Allah swt berfirman: “Dan barang siapa diantara kamu sekalian (isteri-isteri Nabi) tetap taat kepada Allah dan rasul-Nya dan mengerjakan amal yang saleh, niscata kami memberikan kepadanya pahala dua kali lipat dan kami sediakan baginya rezki yang mulia” (Ahzab: 31).

Semakin tinggi sebuah gunung, lembahnya juga semakin dalam. Dalam hadis disebutkan: “Dosa seorang bodoh akan dimaafkan sebanyak 70 sebelum satu dosa seorang alim dimaafkan.” (Kafi, jilid 1, hal 59).

Dunia bak tangga dan kita berada di sana

Akhirnya, tangga dunia bakal runtuh

Yang berada paling di atas

Pasti tulangnya lebih remuk dari yang di bawah.[infosyiah]

5 Tanggapan to “Apakah pribadi dan posisi seseorang berdampak pada pahala dan siksa?”

  1. Dunia bak tangga dan kita berada di sana
    Akhirnya, tangga dunia bakal runtuh
    Yang berada paling di atas
    Pasti tulangnya lebih remuk dari yang di bawah.[infosyiah]

    ======================
    Kalau Yang di BAWAH Tertimpa dari DIATAS, malah Tambah Remuk dong Tulangnya…. Hee. hee

  2. SangOtak said

    Saya setuju dengan sebuah dosa jika dilakukan oleh seorang alim maka dampaknya akan sangat besar dibanding dosa yang dilakukan oleh seorang yang bodoh. Tapi kebodohan juga dilarang oleh Islam. 🙂 Mending Bodoh apa alim ya 🙂

  3. KARBALA said

    orang yg alim tentu tau kalo dia berbuat dosa pasti hukumannya lebih parah di bandingkan orang bodoh tapi yg anehnya, zaman sekarang yg alim gak segan2 lagi melakukan dosa.apa mungkin di apotik udah ada obat anti dosa ya!? ntahlah….!!!

  4. Kalau orang alim/pandai melakukan suatu perbuatan maksiat pastilah dia akan melaksanakan dengan cara yang sangat rapi dan sistematis, hingga orang awam tidak akan menyadari bahwa si alim tersebut telah berbuat maksiat. Lama-lama perbuatan tersebut akan dianggap suatu yang biasa dan akan diikuti oleh banyak orang, karena si alim berdalih dengan memelintir berbagai macam dalil yang dapat melegitimasi perbuatannya. Karena si alim dinilai alim/pandai oleh awam ya… diterimalah dalil-dalilnya. Dampaknya akan sangat luas, hingga mengkaburkan batas yang hak dengan yang batil sehingga akan tercipta maksiat berjamaah.

    Kalau orang bodoh melakukan kemaksiatan, dampaknya tidak akan seluas jika orang pandai melakukan kemaksiatan. Karena orang pandai akan mengkritisinya dan si bodoh tak bisa berkelit karena tak paham dalil-dalil apa yang mampu melegitimasi perbuatannya.

  5. Haji Muhammad Abdullah said

    Assalamualaikum

    ALQURAN 67:1-2
    1. Allah adalah Tuhan yang maha suci; semua kerajaan berada ditanggannya; dan Allah sangat berkuasa atas semuanya

    2. Allah adalah Tuhan yang menjadikan mati dan hidub; supaya Allah dapat menguji kamu semua; siapakah yang lebih baik perbuatannya (di dunia ini); dan Allah maha kuat dan maha pengampun.

    Semua kerajaan atau semua negara yang berada di bumi dan di luar bumi ditentukan nasib mereka oleh Allah; karena Allah adalah Tuhan yang sangat berkuasa. Manusia diciptakan dari tanah atau mati; kemudian Allah memberikan ruh supaya manusia tersebut hidub.

    Kehiduban di dunia ini adalah ujian atau cobaan; supaya Allah dapat memasukan manusia ke dalam api neraka atau ke dalam tanaman bunga yang sangat indah (jannah). Semua manusia di dunia ini diberikan kebebasan total untuk melakukan kebaikan atau untuk melakukan kejahatan.

    ALQURAN 51:56
    Allah berkata: “Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia; kecuali supaya mereka menyembahku!”

    Allah memerintahkan ummat Islam untuk melakukan kebaikan kebaikan. Ummat Islam wajib memasukan kasih sayang dan cinta kasih ke dalam hati mereka; supaya ummat Islam dapat melakukan kebaikan kebaikan misalnya berlaku sopan santun, jujur, adil dan juga menghormati orang lain dengan cara menolong mereka yang di dalam kesukaran; terutama menolong janda2 muslim, anak2 jalan, anak2 yatim piatu dan fakir miskin.

    Marilah kita membagi kasih sayang dan cinta kasih kepada mereka yang tidak dapat belajar agama Islam misalnya anak2 jalanan dan anak2 yatim piatu; karena mereka adalah target utama organisasi2 Kristen untuk dimurtadkan. Sebaiknya kita meluangkan waktu untuk mengajar anak2 jalanan dan anak2 yatim piatu agama Islam, matimatika, Ilmu Pengetahuan Alam, sejarah Islam dan Bahasa Arab.

    Banyak Gereja yang dijadikan tempat2 pendidikan untuk fakir miskin terutama untuk anak2 jalanan dan anak2 yatim piatu. Gereja2 tersebut memberikan pendidikan dasar kepada fakir miskin supaya muslim & muslimah yang miskin tertarik kepada agama Kristen dan murtad.

    Masjid2 yang dimiliki dan yang dikelola oleh ummat Islam banyak yang kosong di antara sholat wajib. Masjid2 tersebut tidak digunakan secara maksimal.

    Ummat Islam wajib mengumpulkan pakaian bekas dan buku2 pelajaran SD & SLTP yang sudah tidak dipergunakan lagi untuk disumbangkan kepada anak2 jalanan dan anak2 yatim piatu.

    Makin banyak kasih sayang dan cinta kasih yang kita masukan ke dalam hati ummat Islam; maka makin banyak muslim & muslimah yang meluangkan waktu mereka untuk memberikan pendidikan kepada fakir miskin terutama anak2 jalanan dan anak2 yatim piatu; supaya makin banyak muslim miskin & muslimah miskin yang dapat diselamatkan dari program kristenisasi di Indonesia.

    ALQURAN 2:272
    272. Bukanlah kewajibanmu (Muhammad) untuk menjadikan mereka mendapat petunjuk; tetapi hanya Allah yang dapat memberikan petunjuk (kepada manusia); dan apa saja, harta yang baik yang kamu sumbangkan (di jalan Allah); maka pahalanya untuk kamu sendiri; dan jangalah kamu memberikan sesuatu; kecuali untuk mencari Ridho Allah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: