Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Presiden Yaman, wajib perang melawan pendukung Hautsi

Posted by infosyiah pada 0, Mei 2, 2007

Presiden Yaman, wajib perang melawan pendukung Hautsi

Situs Mahasiswa Iran yang menukil dari Koran al-Watan Arab Saudi memberitakan, presiden Yaman, Abdullah Saleh mengatakan, perang yang terjadi di propinsi Sa’da saat ini antara tentara Yaman dengan pengikut Badruddin Hautsi, seorang ulama Yaman adalah sebuah kewajiban. Tentara Yaman melakukan tugasnya hanya dengan cara kekerasan untuk menghalangi sikap-sikap yang merusak”.

Saleh mengatakan, “Pemerintah sudah berusaha meredam kerusuhan. Sebagaimana kalian ketahui bahwa sebagian pelakunya sudah dimaafkan dan dibebaskan, tetapi mereka mengulangi lagi kerusuhannya. Mereka seharusnya mendengarkan panggilan akalnya”

Presiden Yaman menambahkan, “Mereka tidak punya jalan lain kecuali harus menyerah kepada pihak keamanan pemerintah. Slogan-slogan yang dikeluarkan oleh pengikut Hautsi menyesatkan dan menipu, dan bukan untuk menjaga persatuan masyarakat. Sikap-sikap ini tidak bisa diterima oleh pemerintah”.

Ia menghimbau para ulama negaranya bersikap mengerti dan menasihati para pelaku kerusuhan.

Pada saat itu juga perdana mentri Yaman, Ali Muhammad Mujawir mengatakan, “Pemerintah Yaman sama sekali tidak akan melakukan dialog dengan pemberontak untuk menyelesaikan konflik di propinsi Sa’da”.

Mujawir mengatakan, “Jalan satu-satunya untuk menyelesaikan kerusuhan di propinsi Sa’da adalah cara militer”.

Ia menambahkan, “Saya sudah berdialog dengan al-Hautsi. Badruddin Hautsi mengatakan bahwa ia hanya memahami cara kekerasan. Saat ini kesempatan dialog dengan mereka sudah habis”.

Perdana mentri Yaman menyebutkan, “Pemerintah telah merekrut pasukan cadangan pihak kepolisan untuk perang di propinsi Sa’da”.

Mengenai dukungan pihak luar kepada para pendukung al-Hautsi Mujawir mengatakan, “Para pengikut al-Hautsi mendapat bantuan dari luar khususnya dari negara Libia”.

Perdana mentri Yaman mengatakan, “Sebab terjadinya perang di Sa’da adalah masalah kemiskinan dan pengangguran”.

Pada saat itu juga Syeikh Ali al-Majid al-Zandani, salah satu marja Yaman mengingatkan tentang fitnah yang sedang terjadi di negara ini.

Al-Zandani dituduh oleh Amerika memiliki hubungan dengan al-Qaeda. Ia mengatakan, “Rencana-rencana kerusuhan ini akan menghancurkan semangat dan jati diri rakyat”.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: