Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Apa peran pemimpin dalam sebuah masyarkat Islam?

Posted by infosyiah pada 0, Mei 4, 2007

Soal: Apa peran pemimpin dalam sebuah masyarkat Islam?

Jawab: Setiap pergerakan memiliki beberapa unsur; prinsip, perjalanan, fasilitas, penuntun dan tujuan. Bila pemimpin dan penuntun seorang yang alim dan bertakwa, tujuan tidak akan kabur dan tidak akan mengarah pada penyimpangan.

Bila pemimpin adalah orang yang layak, masyarakat akan menaatinya dan banyak masalah yang dapat diselesaikan. Bila ujung jarum tajam dan benang tersambung lewat lobang jarum, maka setiap kain dapat dijahitnya. Bila jarum ujungnya tidak tajam atau bengkok dan benang terlepas dari lobang jarum, kain yang paling halus sekalipun tidak akan dapat dijahit.

Bila masyarakat tidak menaati pemimpinnya, sang pemimpin tidak dapat berbuat apa-apa. Sama seperti ungkapan yang mengatakan bila benang tidak mengikuti jarum. Sekalipun jarum dapat berbuat apa saja dan bermanfaat, tidak ada kerjaan yang dapat dilakukannya. Gerakan dan penetrasi jarum pada berbagai macam kain memiliki syarat selama benang mengikutinya. Bila seorang pengemudi sekaligus ahli mekanik, ia dapat memperbaiki mobil rusak dan kemudian mengendarainya. Begitu pula para Nabi dalam kondisi sosial masyarakat yang paling buruk mereka mampu menciptakan masyarakat terbaik.

Namun, bila pemimpin tidak layak, kondisi terbaik pun akan menjadi sia-sia, sebagaimana sebuah mobil paling bagus dan top bila diberikan kepada seorang pengendara yang baru belajar mengemudi akan dikemudikannya menuju sebuah jurang.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: