Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Kehadiran kita dalam acara-acara keagamaan bentuk dari keinginan mengakutalisasikan diri. Apakah ini tidak termasuk riya’?

Posted by infosyiah pada 0, Mei 8, 2007

Soal: Kehadiran kita dalam acara-acara keagamaan bentuk dari keinginan mengakutalisasikan diri. Apakah ini tidak termasuk riya’?

Jawab: Pertama, mengaktualisasikan diri dan menunjukkan diri tidak dengan sendirinya haram. Suami atau istri yang menghiasi dirinya untuk pasangannya agar menunjukkan dirinya lebih menarik buat pasangannya tidak haram hukumnya.

Anjuran Islam agar orang-orang muslim hadir dan salat berjamaah di masjid merupakan salah satu bentuk dari upaya mengaktualisasikan dan menunjukkan diri. Namun upaya menunjukkan diri di sini dengan tujuan mengagungkan syiar-syiar Allah.

Melakukan acara untuk mengenang Imam Husein as juga sebuah bentuk dari penampakkan diri yang di dalamnya ada nilai ibadah.

Kedua, kehadiran sebagian orang di acara-acara keagamaan dan masjid misalnya, adalah sebuah bentuk dakwah dan ajakan kepada orang lain dengan perilaku. Bila tokoh-tokoh setempat dan takmir masjid berangkat untuk melakukan salat berjamaah, masyarakat biasa dengan sendirinya merasa terpanggil untuk melakukannya.

Menampakkan diri akan menjadi haram ketika untuk menunjukkan diri dan bukannya untuk menunjukkan perilaku. Bila kita hadir dalam sebuah acara keagamaan dan menunjukkan bahwa kita adalah seorang yang dermawan dan suka berbuat baik, ini riya’ dan hukumnya haram. Namun, bila tujuan dari kehadiran kita dalam acara keagamaan tersebut untuk mengucapkan kepada orang lain: “Saya hadir dan kalian juga harus hadir”, ini merupakan tablig dengan perilaku. Hal ini bukan saja tidak haram tapi juga memiliki pahala.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: