Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Presiden Yaman melanggar janjinya

Posted by infosyiah pada 0, Mei 9, 2007

Presiden Yaman melanggar janjinya

Sampai berita ini diturunkan, ratusan ulama, para khatib dan santri Syiah; baik Zaidiyah maupun Imamiyah, ditangkap tanpa mendapat perlindungan hukum yang semestinya. Sebagian besar dari mereka tidak dapat ditemui oleh sanak saudaranya. Sementara siksaan menjadi santapan sehari-hari.

Kebanyakan mereka yang ditahan berasal dari daerah Sa’da, Dzammar, Hajjah, Hadidah, Imran, Mahwiyat, Ib, Ta’z, Dhali’ dan Adn. Mereka dianggap bersalah hanya karena pro dengan al-Hautsi. Para tawanan penjara Dzammar melakukan mogok makan sebagai usaha untuk melakukan protes. Dua orang dari mereka selama ditahan mengalami serangan jantung.

Menarik dari proses penahanan ini, beberapa khatib Jumat yang ditangkap kemudian digantikan oleh khatib-khatib Wahabi/Salafy. Lebih dari itu, seorang khatib Jumat bermazhab Zaidiyah diminta untuk tidak lagi mengimami salat Jumat. Ia dilarang untuk tidak mengajarkan mazhab Zaidiyah di Masjid-masjid, rumah dan di mana saja.

Amin Abdul Qadir al-Hautsi seorang remaja berusia 13 tahun ketika keluar untuk membeli keperluan rumah, ditangkap oleh pihak keamanan Yaman dan dilarikan di sebuah tempat yang tidak diketahui. Upaya telah dilakukan untuk membebaskan remaja ini oleh Allamah Muhammad Muhammad al-Mansur dengan melayangkan surat kepada presiden Yaman yang kemudian disetujui. Namun, sampai sekarang Amin Abdul Qadir al-Hautsi belum juga dibebaskan.

Presiden Abdullah Saleh mengeluarkan surat yang menjamin keamanan Allamah Badruddin al-Hautsi beserta keluarganya. Teks surat keputusan jaminan keamanan dari presiden Yaman sebagai berikut:

Surat ini adalah surat jaminan keamanan lewat Allamah Muhammad Muhammad al-Mansur dan saudara Saleh Wajman, diberikan kepada Allamah Badurddin al-Hautsi dan keluarganya. Dengan surat ini mereka mendapat jaminan keselamatan selama berada di kota San’a dan Sa’da.

Abdullah Saleh

Presiden Yaman

Yang menarik dari surat itu adalah penyebutan nama Saleh Wajman sebagai seorang yang dipercaya oleh presiden sebagai penengah dalam masalah ini. Saat ini, Saleh Wajman masih berada di dalam penjara Yaman.[infosyiah]

3 Tanggapan to “Presiden Yaman melanggar janjinya”

  1. Quito said

    Wah…ngeri juga ya!Kita di sini harus mempersiapkan diri agar hal-hal seperti itu tidak terjadi di tanah air.

  2. bondet said

    Dr. Yusuf Qardawy kok nggak ada suaranya ya, giliran syi’ah digebuk di yaman? padahal syi’ah zaidiyah sudah dari dulu ada di yaman. Gimana misalnya kalo Pemerintah Iran mengganti Khatib jum’at Di masjid suni di Iran dengan khatib syi’ah? Mungkin Qardawy ribut di al-jazeerah tv!

  3. adam said

    Ati2 juga, ajaran laten wahaby sudah mulai menyusup menjadi salafy seolah sebagai ajaran pemurni islam, padahal penuh dengan tipu daya dan akan membawa islam ke abad kegelapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: