Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Apa pandangan Islam dalam hubungan diplomasi dengan negara kafir?

Posted by infosyiah pada 0, Mei 11, 2007

Soal: Apa pandangan Islam dalam hubungan diplomasi dengan negara kafir?

Jawab: Islam adalah agama fitrah dan fitrah setiap manusia senantiasa menuntut kemandirian. Dengan demikian, hubungan dengan negara kafir dengan tetap menjaga kemandirian dan kebebasan tidak ada larangan.

Seorang anak kecil mengangkat sebuah sendok dari meja hidangan. Sendok itu penuh dengan makanan. Ia tidak membawa sendok itu ke arah mulutnya untuk memakannya, tapi menyiramkannya ke bajunya. Ibunya yang melihat apa yang dilakukan oleh anaknya langsung menarik sendok yang berada ditangan anaknya. Ia tidak memberikan kebebasan kepada anaknya untuk makan sendiri tapi ia menyuap anaknya. Anaknya kemudian dengan perasaan tidak senang berkata kepada ibunya: “Bila saya bisa melakukan pekerjaan secara mandiri, sekalipun dengan mengotori pakaian yang kupakai adalah lebih baik ketimbang senantiasa bergantung kepadamu ibu”.

Kaum muslimin pada dekade awal munculnya Islam, mereka beribadah dengan menghadap ke Baitul Muqaddas (mungkin karena banyaknya arca di dalam Ka’bah). Setelah kaum muslimin melakukan hijrah ke Madinah, mereka diolok-olok oleh orang Yahudi Madinah bahwa kaum muslimin beribadah menghadap kiblat mereka. Artinya kalian tidak punya kemandirian.

Nabi Muhammad saw ketika mendengar olok-olokan ini menjadi sedih. Beliau menengadahkan wajahnya ke langit seakan-akan menanti wahyu. Hal itu dilakukannya sampai turun perintah untuk melakukan ibadah menghadap Ka’bah dan dengan demikian mereka memiliki kiblat sendiri.  Akhirnya, kaum Yahudi tidak lagi mengolok-olok mereka: “Agar tidak ada hujjah bagi manusia atas kamu, kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka” (Baqarah: 150).

Begitu juga dalam Islam disebutkan bahwa menyerupai orang-orang kafir hukumnya adalah haram. Karena itu menunjukkan rasa inferior dan rendah diri bagi kaum muslimin dan di sisi lain menunjukkan penghormatan kepada orang-orang kafir.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: