Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Pemerintah Yaman, lengser dalam kebisuan?

Posted by infosyiah pada 0, Mei 14, 2007

Pemerintah Yaman, lengser dalam kebisuan?

Pemerintah Yaman semakin mencemaskan krisis yang semakin berkepanjangan dan meluas ke seluruh Yaman. Hal itu ditambah lagi dengan kekuatan pasukan al-Hautsi yang semakin menguat dan berhasil menguasai beberapa tempat strategis. Jelas krisis Yaman semakin serius dan sensor ketat berita tentang perkembangan di Sa’da yang dilakukan selama ini oleh pemerintah Yaman mulai menjadi bumerang bagi mereka sendiri. Sensor ketat berita mulai melemah dan pemerintah Yaman mulai merasa terancam. Hal ini membuat pemerintah Yaman mulai mengembangkan cara lama dengan menggerakkan sentimen Sunni dan Syiah. Mereka mulai berusaha memunculkan isu bahaya Syiah di dunia Islam.

Para analis politik meramalkan bahwa bila pasukan al-Hautsi mampu mepertahankan keberhasilan yang didapat dibidang militer selama ini dan yang lebih penting lagi adalah mampu keluar dari kungkungan boikot pemberitaan yang dilakukan oleh pemerintah Yaman di samping tetap menjaga semangat dan menyadarkan orang-orang Syiah Yaman, Arab Saudi dan orang-orang Syiah di Timur Tengah, maka keberhasilan dalam dua bulan ke depan bagi masa depan mereka, orang-orang Syiah di dunia bahkan untuk dunia Islam sendiri.

Namun, untuk itu ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh Syiah Yaman:

1. Hubungan antar sesama Syiah Yaman, penyadaran mereka dan lain-lain dengan tujuan menjaga dan menaikkan tingkat kepedulian dan penerimaan rakyat terhadap gerakan al-Hautsi. Usaha ini sangat penting bagi Syiah Yaman. Karena berdasarkan data statistik tidak resmi persentase jumlah orang Syiah di Yaman mendekati angka 65 persen. Dan itu berarti, dengan sendirinya mereka dapat membentuk pemerintah sendiri. Oleh karenanya, orang-orang Syiah Yaman perlu mensuport gerakan al-Hautsi.

2. Perlunya membangun hubungan baik dengan Syiah Arab Saudi, menyadarkan mereka akan gerakan al-Hautsi, membangun hubungan emosional yang lebih erat lagi dan lain-lain. Ini semua diperlukan karena ketika kondisi di Yaman semakin memanas, hubungan baik ini dapat mencegah Arab Saudi ikut campur tangan dalam masalah Yaman.

3. Keikutsertaan Syiah Yaman bersama gerakan al-Hautsi khususnya dukungan Syiah di Timur Tengah memberikan tekanan secara internasional maupun kawasan terhadap pemerintah Yaman. Terlebih lagi bila mereka merasa terluka dengan sikap pemerintah Yaman selama ini terkait dengan masalah munculnya Imam Mahdi af dan Yaman. Ini masalah yang sangat sensitif.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: