Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Bagaimana Imam Mahdi af setelah seribuan tahun muncul dalam wajah berusia 40 tahun?

Posted by infosyiah pada 0, Mei 22, 2007

Soal: Bagaimana Imam Mahdi af setelah seribuan tahun muncul dalam wajah berusia 40 tahun?

Jawab: Biasanya bulu badan, alis dan bulu mata setelah puluhan tahun tetap dan tidak akan tumbuh lagi. Sementara rambut kepala dan janggut yang berada dekat dengan mereka tetap tumbuh dan berkembang. Padahal keduanya dari kulit, daging, darah dan makanan yang satu serta mendapat oksigen yang dari sumber yang sama. Namun, kekuasaan Allah menginginkan agar sebagian rambut tetap sementara di sampingnya alis yang tetap dan tidak tumbuh.

Selain itu, tidak ada dalil rasional dan teks agama bahkan fakta empiris yang menyebutkan tentang keterbatasan umur manusia. Umur manusia bak gerakan; cepat dan lambatnya gerakan tidak ada pembatasnya, sebagaimana cahaya tidak terbatas. Dalam al-Quran Allah menjelaskan umur Nabi Nuh as dapat mencapai angka 1000. Buat Ashabul Kahfi tidur selama 300 tahun.[infosyiah]

17 Tanggapan to “Bagaimana Imam Mahdi af setelah seribuan tahun muncul dalam wajah berusia 40 tahun?”

  1. Haji Muhammad Abdullah said

    Kepada para pembaca yang pintar dan yang terhormat

    Keyakinan kepada Imam Mahdi adalah bagian dari Rukun Iman madhab Ahlul Bait (Syi’ah); tetapi terjadi perbedaan pendapat atau perbedaan penafsiran tentang Imam Mahdi di antara pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi’ah) sendiri.

    Perlu diketahui bahwa Syiah terbagi menjadi bebebara kolompok misalnya Syi’ah Kanisah, Syi’ah Zaidiyah, Syi’ah Ismailiyah, Syi’ah Druze, Syiah Ithna Asyari (12 Imam) dan juga Syi’ah Syi’ah lainnya.

    Madhab Ahlul Bait (Syi’ah) adalah ajaran Islam yang asli sesuai 100% dengan AlQuran dan Hadith; atau sesuai dengan Islam yang diajarkan oleh Rasulullah dan para Imam (A’immah).

    ALQURAN 32:22
    dan siapakah yang lebih jahat (zolim) dari pada mereka yang telah diberikan peringatan dengan ayat ayat Allah (AlQuran) kemudian mereka berpaling? Sesungguhnya kami akan menyiksa mereka yang berdosa dengan siksaan yang sangat pedih.

    Syi’ah Ithna Asyari (12 Imam), Syi’ah Kanisah, Syi’ah Zaidiyah dan Syi’ah Syi’ah yang lain bukan ajaran Islam yang asli. Aqidah Syi’ah Syi’ah tersebut tidak sama 100% dengan AlQuran dan Hadith (Kitab Nahjul Balaghoh dan Kitab Al Kafi); karena telah tercampur dengan pendapat2 Ulama Syi’ah sendiri.

    Masing masing kelompok Syi’ah memiliki pendapat, pemahaman, penafsiran yang berbeda tentang Imam Mahdi.

    Syi’ah Ithna Asyari (12 Imam) adalah kelompok Syi’ah yang termuda, terakhir dan terbesar. Syi’ah Ithna Asyari (12 Imam) dilahirkan, ditulis, diciptakan oleh Shaikh Saduq dari Qumm Iran pada tahun 990-991 M. Rasulullah wafat pada tahun 632 M.

    Al Kafi, Kitab Fadl Al Quran
    Imam berkata: “Orang orang yang beriman wajib menggunakan AlQuran untuk mengerti agama Islam; dan tidak menggunakan kitab kitab lain supaya tidak tersesat; dan tidak dipengaruhi oleh bujukan2 Setan yang terkuk!”

    ALQURAN 25:30-31
    30. Rasul berkata: “Ya Tuhanku, kaumku telah meninggalkan AlQuran!”

    31. Allah berkata: “Kami akan jadikan untuk semua nabi; musuh musuh dari orang orang yang berdosa; dan cukuplah Allah sebagai pemberi petunjuk dan penolong!”

    Para pembaca disini diberikan kebebasan untuk memilih Aqidah Imam Mahdi sesuai dengan pendapat Ulama misalnya Shaikh Saduq, Shaikh Tusi, Mullah Sadra dll; seperti yang dilakukan oleh mayoritas penduduk Iran; atau pengikut2 madhab Ithna Asyari (12 Imam)

    atau memilih Aqidah Imam Mahdi sesuai dengan keterangan2 yang tertulis di dalam AlQuran dan Hadith (Kitab Nahjul Balaghoh dan Kitab Al Kafi) sesuai dengan pendapat Rasulullah dan juga pendapat2 para Imam (A’immah); seperti yang dilakukan oleh minoritas penduduk Iran; atau pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi’ah).

    Perlu diketauhi bahwa keterangan2 tentang Imam Mahdi yang diterangkan oleh Ulama Syiah misalnya Shaikh Saduq, Shaikh Tusi, Mullah Sadra dll tidak 100% sama dengan keterangan2 tentang Imam Mahdi yang tertulis di dalam AlQuran dan Hadith (Kitab Nahjul Balaghoh dan Kitab Al Kafi).

    Pengikut2 madhab Ahlul Sunnah (Sunni) juga memiliki Aqidah Imam Mahdi yang tertulis di dalam Kutub Sihah Sittah (Bukhari, Muslim, Tarmidzi, Ibn Majah, Abu Dawud, Nasaii); tetapi pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi’ah) wajib menggunakan AlQuran dan Hadith yang diakui oleh Ulama madhab Ahlul Bait (Syi’ah) misalnya Kitab Nahjul Balaghoh dan Kitab Al Kafi; untuk mengerti Aqidah Imam Mahdi sesuai dengan Madhab Ahlul Bait (Syi’ah); supaya tidak tercampur aduk Aqidah Imam Mahdi dari madhab Ahlul Sunnah (Sunni) dengan Aqidah Imam Mahdi dari madhab Ahlul Bait (Syi’ah).

  2. Haji Muhammad Abdullah said

    Kepada para pembaca yang pintar dan yang terhormat

    ALQURAN 51:56-58
    56. Allah berkata: “Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia; melainkan supaya mereka menyembahku

    57. Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka; dan aku tidak menghendaki supaya mereka memberikan makanan untuk-ku!”

    58. Sesungguhnya hanya Allah yang memberikan rezeki (kepada semua); dan memiliki kekuatan yang tidak terbatas.

    Walaupun tidak semua; tetapi banyak pengikut madhab Ithna Asyari (12 Imam) di dunia ini yang menamakan, menyebut, mengatakan Imam ke 12 sebagai SHOHIBUL ZAMAN (penguasa akhir zaman atau penguasa alam semesta).

    Perlu diketahui bahwa hanya mereka yang bodoh; rajin menyebarkan kebohongan supaya Syirik (dosa tidak pernah diampuni) dapat menyebar luas di dunia ini. Mereka yang mengatakan Imam ke 12 sebagai SHOHIBUL ZAMAN (pemilik akhir zaman; atau penguasa alam semesta) adalah orang orang bodoh yang sesat dan menyesatkan; karena hanya Allah yang berkuasa mutlak di akhir zaman; dan hanya Allah yang berkuasa mutlak atas alam semesta ini.

    ALQURAN 3:26
    Katakanlah: “Ya Allah yang mempunyai kerajaan (kekuasaan), Engkau berikan kerajaan (kekuasaan) kepada orang yang Engkau kehendaki; dan Engkau cabut kerajaan (kekuasaan) dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki; dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki; di tanggan Engkau semua keputusan; karena sesungguhnya Engkau maha berkuasa atas segala sesuatu!”

  3. abu fadl said

    Pak Haji yang baik, pintar dan terhormat.

    Ada beberapa klaim yang anda sebut, perlu untuk diuraikan lebih lanjut:
    1. Syiah ItsnaAsyari adalah kreasi dari Syaikh Shaduq. Silakan buktikan dengan argumentasi anda. Bagi saya, ke-Imamahan 12 Imam adalah dengan dasar dalil-dalil yang kuat. Secara ringkas anda bisa simak argumennya di sini : http://al-islam.org/encyclopedia/
    klik Chapter 1b, The Twelve Imams

    2. Tttg doktrin Imam Mahdi. Anda tidak setuju dengan keghaiban Imam ke 12 atau Imam ke 12 sbg SHOHIBUL ZAMAN? Untuk Imam ke 12 sbg SHOHIBUL ZAMAN, apakah kisah Nabi Sulaiman tidak bisa menjadi contoh, bahwa Allah bisa saja memberikan kekuasaan yang sangat besar kepada makhluk-Nya? Jadi, Imam ke 12 sbg penguasa zaman itu atas izin Allah.

    Anda sepertinya sedang berusaha membuat kesimpulan baru tentang Syiah dan doktrin Imam Mahdi. Untuk ini diperlukan uraian yang menyeluruh, tidak cukup hanya dengan tulisan di atas.

  4. Aku percaya… sesuatu yang tidak bisa kita logika dapat terjadi dan itu mudah bagi Alloh. Ini menyangkut kabar ghoib, kurasa banyak sekali hadis-hadis baik yang diceritakan oleh Rosul Alloh Saaw dan para imam As yang menceritakan akan datangnya Al mahdi ini. Ada sesuatu yang tersurat dan tersirat, kadang-kadang kita gagal memahami apa yang jelas-jelas tersurat apalagi yang tersirat. hanya manusia-manusia pilihan Alloh yang diberikan kelebihan-kelebihan untuk bisa menjelaskan apa yang tersirat ini.

  5. azadi said

    Bismihitaala.
    A’kom kepada Haji Muhammad Abdullah,dari tulisan antum ini menunjukkan bahawa antum masih belum memahami aqidah syiah umumnya dan Itsna Asyari(12 IMAM) khususnya, dalam aqidah syiah tidak ada meyakini para Imam suci (as) mempunyai kuasa mutlaq sekalipun keyakinan terhadap Nabi Besar Muhammad (saww)juga tidak diyakini demikian,yang mereka yakini adalah bahwa seluruh kekuatan dan kekuasaan adala milik Allah swt secara mutlaq, nah kalau kekuatan dan kekuasaan itu juga dapat dimiliki oleh para Imam suci tentunya atas “pemberian dan izin Allah swt” saja, seperti mana yang antum bawakan dalam ayat diatas, karena mereka (as) adalah manusia suci dan pilihan Allah swt untuk memperantarai hubungan manusia biasa dengan Allah Yang Maha kuasa, demikian keyakinan orang-orang syiah
    (kecuali dari aliran ghulat).
    Seperti antum, diberikan kekuatan untuk menggerakkan tangan, kaki,dll,ini semua bukan dari kekuatan dan kekuasaan antum yang mutlaq tapi Allah swt yang mengizinkannya, cuman kekuatan dan kekuasaan yang diberikan Allah pada antum terbatas saja sebagaimana dimiliki oleh manusia biasa lainnya hal ini tentunya karena perbedaan kedudukan dan tugas manusia disisi Allah swt, .wasalam

  6. Haji Muhammad Abdullah said

    Kepada para pembaca yang pintar dan yang terhormat

    Imam (seorang pemimpin) dan A’immah (pemimpin pemimpin) memiliki akar kata yang sama dengan ummah di dalam Bahasa Arab. Imamah (kepemimpinan) adalah Aqidah Madhab Ahlul Bait (Syi’ah) untuk beragama, berbangsa dan bernegara.

    ALQURAN 17:71
    Satu hari (nanti di hari Qiyamah) kami akan panggil semua ummat dengan pemimpinnya (Imam-nya)…..

    ALQURAN 2:124
    Allah berkata: “Aku akan menjadikan kamu sebagai Imam (pemimpin) untuk semua manusia!” Ibrahim bertanya: “Bagaimana dengan keturunanku?” Allah berkata: “Janjiku tidak termasuk orang yang jahat (zolim)!”

    Allah adalah Tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang; sehingga Allah akan memilih A’immah (pemimpin pemimpin) dari keturunan Nabi Ibrahim untuk ummat Islam. A’immah akan datang setelah Nabi Muhammad wafat. A’immah (pemimpin pemimpin) akan datang untuk mengajarkan AlQuran dengan penafsiran baru; sehingga agama Islam dapat berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

    Nabi Isa Al Masih telah lama wafat; sehingga Nabi Isa Al Masih tidak akan datang kembali ke dunia ini di akhir zaman. Para pakar Archeology di Israel dan di USA telah menebukan kuburan Nabi Isa Al Masih di Jerusalam Israil pada tahun 1980.

    Aqidah Nabi Isa Al Masih akan kembali ke dunia ini di akhir zaman adalah Aqidah Madhab Ahlul Sunnah (Sunni). Aqidah Nabi Isa Al Masih tidak akan kembali ke dunia ini adalah Aqidah Madhab Ahlul Bait (Syi’ah). Allah akan mengirimkan para pemimpin (A’immah) untuk ummat Islam setelah Nabi Muhammad wafat adalah Aqidah Madhab Ahlul Bait (Syi’ah).

    ALQURAN 21:73
    dan kami jadikan mereka sebagai A’immah (pemimpin pemimpin) yang memberikan petunjuk dengan perintah kami (AlQuran); dan kami perintahkan mereka untuk melakukan kebaikan2, mendirikan sholat, membayar zakat dan mereka menyembah hanya kepada kami.

    Imam wajib memberikan petunjuk dengan perintah kami (AlQuran); atau mengajarkan AlQuran dengan penafsiran baru ; sehingga agama Islam dapat berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

    KASUS IRAN
    Ulama di Iran dimasukan ke dalam penjara dan/atau diusir keluar negri misalnya Imam Khomeine; ketika Raja Reza Pahlevi berusaha keras menghidubkan kembali kebudayaan Iran kuno berdasarkan Raja Darius kurang lebih 2000 tahun yang lalu.

    Imam Khomeini berhasil menggulingkan raja Reza Pahlevi dan menghidubkan kembali Syariat Islam di Iran. Allah telah mengirikan Imam kepada bangsa Iran pada tahun 1979. Bangsa Iran mengakui Allamah Khomeini sebagai seorang Imam.

    KASUS LEBANON
    Pemerintah di Lebanon dikuasai oleh ummat Nasrani; sehingga UUD dan Hukum di Lebanon dibuat untuk mengutungkan ummat Nasrani dan merugikan ummat Islam. Kebudayaan barat dan kebudayaan Kristen telah merugikan ummat Islam di Lebanon; sehingga ummat Islam menderita terutama mereka yang mengikuti madhab Ahlul Bait (Syi’ah).

    Allah mengirimkan Allamah Musa Sadr kepada masyarakat Lebanon pada tahun 1970; untuk mengembalikan ummat Islam kepada AlQuran; dan juga untuk menghilangkan kebudayaan jahiliyyah dari Lebanon. Masyarakat Lebanon mengakui Allamah Musa Sadr sebagai Imam untuk melakukan Reformasi sehingga AlQuran menjadi kitab rujukan untuk membuat Undang Undang dan Hukum di Lebanon.

    Kitab Nahjul Balaghoh, Khotbah no 25, 104, 151, 152,163,172
    Imam Ali Ibn Tholib berakata bahwa Imam akan datang untuk mengembalikan ummat Islam kepeda AlQuran; dan menghilangkan Bidah yang telah menjadi budaya masyarakat Islam.

    ALQURAN 28:5
    dan kami hendak memberikan karunia kepada mereka yang tertindas di muka bumi; dan hendak menjadikan mereka sebagai A’immah (pemimpin pemimpin); dan menjadikan mereka orang orang yang mewarisi bumi.

    Imam Khomeini di Iran dan Imam Musa Sadr di Lebanon merupakan orang orang yang ditindas oleh pemerintahan yang bertidak sewenang-wenang. Imam Khomenini dan Imam Musa Sadr telah dipilih langsung oleh Allah dan telah dianggkat oleh Allah sebagai seorang pemipimin di Iran; dan seorang pemimpin di Lebanon. Imam Khomeni dan Imam Musa Sadr telah mewarisi bumi sesuai dengan keterangan yang tertulis di dalam AlQuran.

    Imam Khomeni dan Imam Musa Sadr adalah orang orang yang telah dibersihkan dosa dosa mereka oleh Allah; sehingga Imam Khomeni dan Imam Musa Sadr adalah sungguh sungguh IMAM MAHDI yang nyata utnuk bangsa Iran dan untuk bangsa Lebanon.

    Allah tidak pernah menginkari janjinya sendiri; sehingga janji yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Ibrahim pada zaman dahulu dapat kita saksikan sekarang. Begitu juga pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi’ah) yang akan datang akan dapat menyaksirkan Imam Mahdi, Imam Mahdi, Imam Mahdi akan datang ke dunia ini untuk menghilangkan budaya Jahiliyyah dari ummat Islam dan juga untuk mengajarkan AlQuran dengan penafsiran baru; sehingga agama Islam dapat berkembang sesaui dengan pekembangan zaman.

    Walaupun tidak semua Imam Mahdi; tetapi beberapa Imam Mahdi akan diberikan kekusaan di dunia ini oleh Allah; sehingga mereka dapat menggulingkan pemerintahan yang bertindak sewenang-wenang yang menindas ummat Islam; sehingga para Imam Mahdi tersebut dapat menegakan keadilan.

  7. abu fadl said

    Satu lagi yang saya ingin komentari, bahwa anda sering menyebut para Ulama tidak maksum. Saya setuju dengan ini. Tapi ini bukan alasan untuk melakukan penghinaan kepada mereka. Tidak kita mengabaikan usaha dan upaya mereka untuk memberikan penjelasan dan uraian kepada umat tentang bimbingan agama dan nilai kebenaran. Kita harus bersyukur dan menghargai mereka bahwa mereka telah memberikan pencerahan kepada ummat. Jika anda tidak setuju dengan pendapat mereka, sebaiknya lakukan dengan ilmiah dan santun. Bukan dengan nada penghinaan. Bukankah kita semua menggali, mengikuti dan menyebarkan nilai kebenaran untuk mencari ridha Allah Taala?

    Mohon maaf pak Haji jika ada kata yang tidak berkenan.

  8. Haji Muhammad Abdullah said

    Kepada Abu Fadl yang pintar dan yang terhormat

    ALQURAN 33:72
    Sesungguhnya manusia sangat jahat (zolim) dan sangat bodoh

    Kita belajar agama Islam dari Ulama; sehingga kita wajib menghormati Ulama; tetapi Ulama adalah manusia manusia biasa yang dapat lupa dan salah.

    Bertambah umur mereka atau bertambah tua mereka; berarti bertambah banyak ayat AlQuran yang terlupakan oleh mereka; sehingga beberapa FATWA mereka atau beberapa pendapat mereka bertentangan dengan AlQuran.

    Ummat Islam di dunia terdiri dari dua golongan. Pertama golongan orang orang pintar karena mereka membaca AlQuran dan Hadith; Ke dua adalah golongan orang orang bodoh yang lebih suka mengabadikan tradisi yang salah dari pada mengikuti AlQuran dan Hadith.

    Kitab Nahjul Balaghoh Khotbah no 191
    Imam Ali Ibn Tholib menyalahkan pengikut pengikutnya yang bodoh karena mereka meninggalkan AlQuran; dan mereka lebih mengutamakan pendapat2 pribadi dari pada AlQuran; walaupun pendapat2 pribadi tersebut bertentangan dengan AlQuran.

    Ana berusaha keras untuk tidak menghina orang lain; tetapi ana juga memperingatkan dengan keras pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi’ah); supaya mereka tidak mengikuti pendapat2 salah yang dikatakan oleh Ulama; atau supaya tidak membabi buta melakukan TAQLID kepada Ulama; karena AlQuran dan Logika (akal sehat) adalah anutan utuk pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi’ah).

    Ulama tidak akan dapat menyelamatkan kita pada hari Qiyamah nanti; atau tidak dapat menolong kita pada hari Qiyamah nanti.

    KASUS TAQLID yang telah disepakati oleh Ulama madhab Ahlul Bait (Syi’ah) di dunia sebagi berikut

    Pendapat2 Ulama yang telah wafat tidak dapat dijadikan rujukan di dalam kalangan pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi’ah); sehingga pendapat2 Shaikh Saduq, Shaikh Tusi, Mullah Sadra dll; harus ditinjau kembali atau harus diperbaiki; atau ditafsirkan ulang dengan penafsiran yang sesaui dengan AlQuran dan Logika (akal sehat).

  9. Haji Muhammad Abdullah said

    Kepada Abu Fadl yang pintar dan yang terhormat

    Imam Khomeini dari Iran menulis di dalam buku Tahril Wasilah volume pertama.

    From the 3rd century after Hijrah, the work os seriously collecting and classifying the traditions (Hadith) by the great Shi’ite Ulam began, the most importan of which ar the four Shi’ite books

    1. Al Kafi by Muhammad ibn Ya’qub Kulaini
    2. Man la yahduruhul Faqih by Shaikh Saduq 384 H
    4. Al Tahdib by Shaikh Tusi 465 H
    5. Al Istibar by Shaikh Tusi 465 H

    TARAJAMAH KASAR

    Sejak 300 tahun setelah Hijrah, pekerjaan untuk mengumpulkan Hadith (tradisi) dimulai oleh Ulama Syi’ah yang terkenal. Buku2 yang paling utama adalah

    1. Al Kafi oleh Muhammad ibn Ya’qub Kulaini
    2. Man la yahduruhul faqih oleh Shaikh Saduq tahun 991 M
    3. Al Tahdhib oleh Shaikh Tusi tahun 1070 M
    4. Al Istibsar oleh Shaikh Tusi tahun 1070

    Ana telah menyumbangkan Tahril Wasilah volume pertama kepada perpustakaan IAIN Jakarta dan perpustakaan Masjid Pondok Indah Jakarta; sehingga antum dapat melakukan CHEK & RECHEK

    Pengikut2 madhab Ahlul Sunnah (Sunni) percaya bahwa Hadith hanya perkataan Rasulullah. Pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi’ah) percaya bahwa hadith tidak hanya perkataan Rasulullah; tetapi juga perkataan Allah, perkataan para Imam, perkataan Ulama, perkataan musuh musuh Islam dan juga perkataan muslim & muslimah bodoh yang rajin menyebarkan gossip, kebohongan, khayalan dll.

    Shaikh Saduq menulis tentang Imam ke 12 berdasarlkan mimpinya sendiri, di dalam buku yang berjudul “Kamaaluddin wa tamamun nim’ah”

    Allamah Hasan Ali Muntaziri adalah seorang ayatullah atau seorang pakar Islam yang terhebat dan yang terkenal di Iran; sehingga Allamah Hasan Ali Muntaziri menjadi orang ke dua di Iran setelah Imam Khomeini. Allamah Hasan Ali Muntaziri menolak keterangan2 tentang Imam ke 12 yang ditulis oleh Shaikh Saduq berdasarkan mimpinya sendiri di dalam buku Kamaaluddin wa tamamun nim’ah.

    Masyarakat Iran yang didukung oleh Ulama tradisional menentang pendapat Allamah Hasan Ali Muntaziri; sehingga dia dimasukan ke dalam tahanan rumah di Qumm Iran.

    Prof DR Abdulaziz Sachadina juga pernah meragukan kitab Kamaaludin wa tamamnun nim’ah tentang Imam ke 12, yang dikarang oleh Shaikh Saduq di Canada; sehingga dia dikafirkan oleh Ayatullah Ali Sistani dari Iraq.

    Imam Mahdi dimulai dari Imam ke 7 sampai Imam ke 12 tertulis di dalam buku2 yang dikarang oleh Shaikh Saduq.

    Allamah Sayyid Muhammad Husain Tabatabai setuju dengan pendapat Shaikh Saduq. Allamah Sayyid Muhammad Husain Tabataai menulis di dalam buku Syiah In Islam halaman 76

    From the seventh Imam to the twelfth Imam; whom majority of Shi’ite believe to be the promised Mahdi, no division of any importance took place within Shi’ism

    TERJAMAH KASAR

    dari Imam ke 7 sampai Imam ke 12; yang mayoritas pengikut Syi’ah percaya bahwa mereka adalah Imam Mahdi, Imam Mahdi, Imam Mahdi; tidak ada perbedaan pendapat di antara pengikut2 Syi’ah.

    Walaupun tidak semua; tetapi beberapa pengikut madhab Ahlul Sunnah (Sunni) percaya juga kepada Imam Mahdi; karena tertulis di dalam Shohih Muslim, Sunan Abu Dawud dll.

    Aqidah Imam Mahdi di dalam kalangan madhab Ahlul Sunnah (Sunni) berbeda dengan Aqidah Imam Madhi di dalam kalangan madhab Ahlul Bait (Syi’ah).

    Pengikut2 madhab Ahlul Sunnah (Sunni) percaya bahwa Imam Mahdi adalah seorang manusia yang akan datang di akhir zaman.

    Pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi’ah) percaya bahwa Imam Mahdi bukan satu orang; tetapi banyak orang.

    Pengikut2 madhab Syiah Kisaniyah percaya bahwa Imam Mahdi yang pertama adalah Muhammad Hanafiyyah; karena Muhammad Hanafiyyah adalah anak Imam Ali Ibn Tholib dari istri yang lain (bukan Fatimah). Imam Muhammad Hanafiyyah melanjutkan perjuangan Imam Husian dengan cara menyerang Khalifah Yazid Ibn Muawiyah; setelah Khalifah Yazid ibn Muawiyah berhasil membunuh Imam Husian di Karbala.

    Pengikut2 madhab Syiah Ismailiyyah, madhab Syiah Fatimiyyah, madhab Syiah Zaidiyyah, madhab Syiah Druse dan madhab Syiah Syiah yang lain juga memiliki Aqidah tentang Imam Madhi.

    Pengikut2 madhab Ithna Asyari (12 Imam) memiliki Imam Mahdi, Imam Mahdi, Imam Mahdi yang berdeda dengan Imam Mahdi, Imam Mahdi yang diakui oleh pengikut2 madhab Syiah Syiah yang lain.

    Aqidah Imam madhdi yang diakui oleh pengikut2 madhab Ithna Asyari (12 Imam) berdasarkan buku2 yang dikarang oleh Shaikh Saduq. Shaikh Saduq mengatakan bahwa Imam Mahdi dimulai dari Imam ke 7.

    Perlu ana tekankan disini atau perlu diketahi bahwa muslim & muslimah di Indonesia yang mengakui sebagai pengikut madhab Ahlul Bait (Syi’ah) tidak mengerti tentang Imam Madhi dengan baik dan benar; sehingga Aqidah Imam Madhi dari Madhab Ahlul Sunnah (Sunni) tercampur di dalam Aqidah pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi’ah) di Indonesia.

  10. abu fadl said

    Pak Haji yang baik, pintar dan terhormat.

    Sebelumnya terimakasih atas nasihat anda untuk tidak ber-taqlid buta terhadap Ulama. Saya pikir dalam tradisi Syiah memang dilarang untuk bertaqlid buta kepada seseorang. Kita mengikuti ulama bukan karena person-nya, tapi karena nilai kebenaran yang dibawa.

    Mengenai topik/isu Imam Mahdi, ada redundansi (pengulangan) dari tulisan pak Haji dengan yang sebelumnya. Sekali lagi, anda tidak punya argumentasi yang kuat untuk meng-klaim ttg kelemahan doktrin Imam Mahdi Itsna Asyari jika hanya dengan tulisan pendek seperti ini. Anda perlu membuat buku tersendiri dengan penjelasan yang menyeluruh.

    Namun ada beberapa hal yang perlu saya komentari disini. Anda berargumentasi bahwa doktrin Imam Mahdi Itsna Asyari yang menyatakan Imam ke 12 sedang dalam keghaiban (Imam Mahdi) adalah lemah. Anda menyimpulkan ini berdasarkan:

    1. Banyaknya Imam Mahdi yang diklaim oleh semua mazhab Syiah (tidak hanya Itsna Asyari).

    Ini bukan argumentasi yang kuat. Saya melihat Imam Mahdi yang di klaim oleh mazhab selain Itsna Asyari terbentuk karena kondisi politik dan geografis. Penindasan thd Syiah membuat beberapa komunitas Syiah sangat mengharapkan kedatangan Mahdi untuk mengakhiri penderitaan mereka. Pemberontakan, keberadaan Imam-Imam Suci dan keterbatasan komunikasi membuat beberapa komunitas Syiah membuat faksi sendiri dan meng-klaim (dengan membuat hadis) beberapa figur sebagai Mahdi, misalnya Muhammad bin Al-Hanafiyyah dan Imam-Imam Suci (ke 7 s/d 11). Kemudian diketahui bahwa riwayat-riwayat (hadis) ini palsu dan dibantah sendiri oleh para Imam. Penjelasan ttg hal ini ada di bab Mahdi-Mahdi Palsu di bukunya Ayatullah Amini (Imam Mahdi Penerus Kepemimpinan Ilahi).

    b. Doktrin Itsna Asyari ttg Imam Mahdi mengadopsi doktrin dari mazhab Sunni.

    Argumentasi ini juga tidak kuat karena doktrin Imam Mahdi dari mazhab Itsna Asyari didasarkan oleh hadis-hadis yang jumlahnya sangat banyak dan saling menguatkan. Sedangkan peng-adopsi-an doktrin Sunni ke dalam doktrin Itsna Asyari tidak bisa anda buktikan dengan jelas, karena doktrin messianisme (kemahdian) ada di hampir semua agama dan kepercayaan. Jadi bisa saja ada titik-titik (singgung) yang sama diantara doktrin-doktrin yang ada.

    Penjelasan ttg hal ini juga terdapat dalam buku Ayatullah Amini dalam Bab Mahdiisme, Bangsa Yahudi dan Bangsa Iran.

    3. Doktrin Imam Mahdi Itsna Asyari dikarang oleh Syaikh Saduq berdasarkan mimpinya.

    Saya sendiri belum pernah membaca bukunya Syaikh Saduq tapi terlalu naif pernyataan anda jika tradisi Syiah Itsna Asyari yang kental dengan intelektualitas untuk bersandarkan kepada mimpi seseorang. Memang mimpi diakui bisa menjadi sumber informasi kebenaran. Tapi sifatnya personal dan tidak bisa dijadikan dasar syar’i (hukum) dan dasar ber-hujjah (berargumentasi).

    Ttg polemik antar ulama, saya pernah mendengar tentang kasus Prof Shachedina dgn Ayatullah Sistani beberapa tahun yang lalu. Tapi kenyataan bahwa Prof Shachedina kembali menganut doktrin Imam Mahdi Itsna Asyari menunjukkan bahwa beliau bisa menerima doktrin tsb dan pasti bukan semata-mata karena tekanan atau keterpaksaan, karena independensi beliau sbg professor yang tinggal di Kanada. Mengenai kasus Allamah Montazeri di Iran, saya tidak tahu kasusnya. Mungkin pelajar yang sedang di Iran yang menyimak situs Infosyiah ada yang bisa kasih penjelasan ?

    Ada hal lain yang perlu dikemukakan disini bahwa mazhab Itsna Asyari dengan doktrin Imam Mahdi-nya dalam sejarah menjadi mazhab Syiah mayoritas karena dengan barlalunya waktu, komunikasi dan interaksi antar mazhab makin intensif, sehingga mazhab dengan doktrin yang punya dasar teologi kuat yang bisa bertahan.

  11. edward robetson purba said

    maksutnya apa semua ini,dan untuk apa?

  12. wishnu said

    S.O.S
    salam
    Mohon ditulis hadis-hadis dari Al-Imam Hazraat Wali-Al-Ashr as, terutama dari kitab Wasail atau al-kaafi karena saya terus terang pernah serasa ingin bunuh diri karena mengalami kegoyangan tentang keyakinan saya terhadap beliau as. Tetapi setelah saya analisis hadis beliau, jadi yakin lagi terhadap beliau as. Tetapi setelah waktu berjalan dan dunia berkembang timbul keraguan, kemudian saya analisis lagi hadis beliau yang baru (baru diterjemahkan) kemudian jadi tenang lagi, dan saya rasa hal tersebut wajar (mungkin tidak hanya saya) karena telah disabdakan oleh hadis-hadis ahlul bayt as: bahwa hanya akan sedikit yang mengenal beliau ketika beliau muncul. Kita semua ingin mati dalam keadaan yakin terhadap beliau as, karena orang yang tidak meyakini beliau seperti orang yang meyakini kenabian nabi-nabi bani israel tapi tidak meyakini kenabian Ar-Rasul SAWW. terimakasih atsa perhatiannya wasalam

  13. THOHIR said

    Wak Haji and sohib sohib-ku:
    Hanya orang orang beriman sahaja yang percaye akan hal GHOIB “Alladziina yukminuuna bil ghoibi….”

    Dulu Nabiyullah Isa a.s tidak dipercaya kelahirannya karne tidak ada ayah, bukti sekarang semua juga percaya

    Ana yuaqqqin, ‘Ainul yaqqqin

    Kehadiran Imam Mahdi af juga banyak diperdebattkan oleh Suny wa Syi’i – Tetapi lihat sajalah nanti kemunculannya dalam memimpin Dunia Islam sesuai janji Allah.

    Sama,
    Syiah juga diperhinakan oleh kalangan Wahaby Arab Saudy yg berwali kpd Amrik – katanya Syiah sesat dan tempat sucinya boleh di bom (fatwa ulama Saudy) – dan….

    Booommm ….
    Meledak ….
    Hancur luluh lantak masjid Imam Asykary di Iraq…

    Tapi insyaAllah – Ana yakin Iran (Syiah) sedang proaktif dalam menyambut Imam Mahdi – Dengan negara yg kuat – Punya teknology nuklir – Rakyat disekolahkan – berani terang2an mbela Palestin (Hamas) – Punya keberanian menanggung beban embargo demi tegaknya Dinullah.

    Konon Wilayatul Faqih di Iran batas wilayahnya meliputi Saudi Arabiah, Yaman, Rusia, Amerika, Australia, dan Sasak Surabaya ????

    Kayaknya abad sekarang ini abad kebangkitan Syiah
    Dan kayaknya ababd ini abad kemunduran Sunny yg terjebak oleh perwalian pemimpin negara2 Sunny yg berqiblat ke Barat?

    Wallah alam bissowab

    Salam
    Thohir

  14. Masak ulama-ulama Syiah sekaliber Imam Qumeini, Imam Khu’i, Tabataba’i, Muthahari, Mulasadra, Baqir Sadr, dan ulama-ulama lain yang wawasan dan ilmunya luas mempercayai Imam Mahdi (Imam ke 12) hanya berdasar mimpi Syeh Syaduq sih… he…he…kok naif banget.

    Bukannya ulama-ulama Syiah tersebut pada malam Jum’at biasanya selain membaca do’a Kumail juga membaca do’a tawasul??? Siapa saja yang dijadikan wasilah mereka??

  15. anti syiah rafidhoh said

    M. Abdullah..rupanya NT disini skrg, dan bukan penganut agama imam 12

  16. Abi_Zahra said

    BALAGHOL ULA FI KAMALIHI
    KASYAFADDUNYA FI JAMALIHI
    HASUNAT JAMI’ UKHI SHOLIHI
    SHOLLU ALAIHI WA ALIHI…SHOLLU ALAIHI WA ALIHI

  17. sunan kuning penebar pesona said

    PANTUN GELOMBANG CINTA
    ( JERIT HATI DAN HARAPAN RAKYAT JELATA )
    Oleh : Maulana Mahbub Al – Majnun

    NUSANTARA NEGERI YANG KAYA
    TEMPAT KORUPTOR BERPESTA PORA
    HUKUM HANYA MILIK YANG KAYA
    KESEWENANG – WENANGAN MERAJALELA

    SUDAH JATUH TERTIMPA TANGGA
    LIHAT ORANG SUSAH MALAH TERTAWA
    BENCANA JADI OBYEK WISATA
    PENGGAL SAJA BIANG KEROKNYA

    DUNIA DISEMBAH LAYAKNYA TUHAN
    AGAMA JADI BAHAN CEMOOHAN
    TAK DIRASA SEMUA PERINGATAN
    NUSANTARA NEGERI KUTUKAN

    BEBAN HIDUP SEMAKIN BERAT
    ORANG BAIK BERUBAH JAHAT
    TOBAT NASIONAL SUDAH TERLAMBAT
    NUSANTARA MENUJU KIAMAT

    KAMI WONG CILIK INGIN MENGADU
    KEPADA SIAPA KAMI TAK TAHU
    BERULANG KALI NYOBLOS PEMILU
    TAPI KAMI SELALU TERTIPU

    NASIB KAMI TAK PERNAH MENENTU
    SAMPAI KAPAN KAMI TAK TAHU
    BERHARAP – BERDOA SEPANJANG WAKTU
    KAPAN LAKU GELOMBANG CINTAKU ?

    KAMI WONG MLARAT PALING NGGAK KUAT
    BILA MELIHAT TINGKAH POLAH PEJABAT
    SEMUCI – SUCI DAN SEOLAH NINGRAT
    PADAHAL DIBELAKANG, . . . . BEJAT

    KAMI WONG CILIK CUMA INGIN TAHU
    INI MEMANG BENAR ATAU CUMAN ISU ?
    AKAN MUNCUL SEORANG RATU
    YANG MEMIMPIN ATAS PERINTAH WAHYU

    KEYAKINAN TAK BUTUH PEMBUKTIAN
    MANUSIA BEBAS TENTUKAN PILIHAN
    DIPUNCAK ZAMAN KEHANCURAN
    ADAKAH JENDRAL BERHATI INTAN ?

    AKU MEMANGGILMU KSATRIA NUSANTARA
    KARENA DHARMAMU PADA KEBENARAN
    WALAU NASIBMU TERLUNTA – LUNTA
    SEMOGA ENGKAU BEROLEH PANGAYOMAN

    AKU MEMANGGILMU PANDITA NUSANTARA
    KARENA LAKUMU – LAKU YANG SUCI
    WALAU DIHEMPAS BADAI DERITA
    SEMOGA HIDUPMU SELALU DIBERKATI

    MANUSIA PICIK GAMPANG BERMUSUHAN
    LANTARAN NAIF MEMAKNAI FIRMAN
    BILA TAK TURUN WAHYU KEPEMIMPINAN
    PENAFSIRAN EGO MENJADI TUHAN

    UMAT MENCARI – CARI DISAAT SEKARAT
    SOSOK MANUSIA YANG MENERIMA WAHYU
    MELURUSKAN KEMBALI AJARAN NABI MUHAMMAD
    BUKAN WAHYU AGAMA BARU

    NUSANTARA TAK SABAR MENANTI
    TERBITNYA FAJAR – SANG MENTARI HARAPAN
    LANGKAH AVATAR SANGAT HATI – HATI
    GELAP MALAM PENUH JEBAKAN

    SATRIO PININGIT RAHASIA ILLAHI
    MANUSIA LUGU MBOTEN MITAYANI
    TAK TERJANGKAU SEMUA PREDIKSI
    JUGA ILMU PENERAWANGAN TERTINGGI

    KELUAR MASUK PURA MANGKUNEGARAN
    ALLHAMDULILLAH ORA KONANGAN
    KELUAR MASUK RUMAH PEJABAT
    TETAP SAJA TIDAK TERLIHAT

    SATRIO PININGIT RAHASIA ILLAHI
    MANUSIA LUGU MBOTEN MITAYANI
    TAK TERJANGKAU SEMUA PREDIKSI
    JUGA PENERAWANGAN GAIB TERTINGGI

    KECUALI OLEH MEREKA YANG DIKEHENDAKI
    DIANTARA HAMBA – HAMBA SEJATI
    YANG RELA MEMPERSEMBAHKAN DIRI
    DEMI TEGAK HUKUM – KEADILAN ILAHI

    NUSANTARA TAK SABAR MENANTI
    SATRIO PININGIT RAHASIA ILLAHI
    SEDERHANA, TAK BANYAK KONSEP TEORI
    CUKUP MENGAMBIL YANG TULUS SUCI

    RATU ADIL ALIAS IMAM MAHDI
    TAK PUNYA AMBISI MEMIMPIN NEGERI
    MANUSIA LUGU MBOTEN MITAYANI
    HANYA JALANKAN AMANAH ILLAHI

    RATU ADIL ALIAS IMAM MAHDI
    TAK PUNYA AMBISI MEMIMPIN NEGERI
    CUKUP MENCETAK KADER MUMPUNI
    LALU MENGHILANG BAK DITELAN BUMI

    KITA SAMPAI DIBATAS WAKTU
    KEBENARAN SEJATI MENUNTUN LAKU
    LETAKKAN SEMENTARA PEMAHAMANMU
    KITA DENGARKAN PENUTURAN WAHYU

    BAGI YANG SUNGGUH MEMBUKA HATI
    DENGAN POLOS TANPA PRASANGKA
    SATRIO – PINANDITA SIAP MENEMANI
    SAMPAIKAN KEBENARAN APA ADANYA

    TABIR MASA MEMBUNGKUS RAHASIA
    KAYAKAN CERITA AKAN NUANSA
    BERDETAK JANTUNG KARENA ASA
    MENGUJI NYALI JIWA PERKASA

    WAHAI APARAT – PENEGAK HUKUM NEGARA
    WAHAI ULAMA – PANDITA NUSANTARA
    WAHAI PUTRA – PUTRA TERBAIK BANGSA
    APAKAH AKAL DAN NURANIMU BUTA !!

    Semarang,15 November 2007
    Ditemani Gudang Garam Surya
    Gudang air mata,Garam kehidupan, Surya pencerahan
    Bravo IMAM MAHDI, para kekasih tak sabar menanti

    Hidayah datang tak pandang bulu
    Merasuk kedasar keyakinan,sepenuhnya atas kuasaNYA
    salam bagi semua “orang gila” Semoga kita segera bersua.
    Puisi ini adalah puisi orisinil penulis, yang diilhami dari mimpi 7 kali berjumpa IMAM MAHDI alias RATU ADIL alias SATRIO PININGIT alias AVATAR alias SATRIO PINANDITO SINISIHAN WAHYU alias
    “MALIKUL MUQSITH”
    Allah Subhaanahu Wataaala memberi GELAR KHUSUS sosok orang yang menerima wahyu diakhir zaman ini dengan gelar dan panggilan “MALIKUL MUQSITH”
    MALIKUL – MUQSITH bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti RAJA ( PENEGAK ) KEADILAN alias RATU ADIL.
    Dia menerima wahyu untuk meluruskan kembali ajaran Nabi Muhammad yang sudah banyak di selewengkan, ditambah – dikurangi serta di putar balikkan. Wahyu yang diterima bukanlah wahyu KENABIAN sehingga jelas tidak membawa AGAMA BARU, dan orang yang menerima wahyu ini sangat tidak pantas dan SALAH BESAR jika di sebut NABI BARU.
    IMAM MAHDI adalah sebutan atau istilah yang lain untuk sosok yang dipanggil ALLAH dengan MALIKUL MUQSITH ini, ia NYATA dan memang benar – benar ADA. IMAM MAHDI berarti pemimpin pemberi petunjuk . RATU ADIL juga menerima wahyu kepemimpinan dalam arti RATU ADIL adalah orang yang memang dipilih ALLAH dan DIPERINTAH untuk memimpin dan membenahi negeri ini (NUSANTARA). Dalam konteks Indonesia yang sempit, beliau menjadi RATU ADIL dan dalam kapasitas yang lain dalam konteks dunia yang lebih luas beliau menjadi IMAM MAHDI.

    Di zaman kelak Ratu Adil memimpin, kebenaran dan HUKUM ILAHI akan benar – benar ditegakkan. Meskipun beliau seorang muslim yang taat menjalankan syariat, tapi beliau memiliki toleransi dan apresiasi yang tinggi dengan semua pemeluk agama dan semua aliran kepercayaan. Beliau mengayomi semua golongan dengan keadilan, kebenaran, dan kejujuran. Beliau didampingi oleh ruh – ruh para Nabi dari semua AGAMA BESAR di dunia, baik Isa, Muhammad, Musa, Daud, Adam, Sri krisna, & Sidharta Gautama. Selain itu turut mendampingi beliau ruh leluhur Pulau jawa yaitu Sunan Lawu alias Brawijaya Pamungkas, Eyang Sabdo Palon dan Naya Genggong. Selain itu turut mengawal beliau ruh-ruh seluruh raja NUSANTARA yang bertaqwa .Juga banyak ratusan ruh wali-wali dari semua agama di sepanjang sejarah umat manusia . Allah tidak tanggung – tanggung dalam menurunkan seluruh KEKUATANNYA untuk mewujudkan tata kehidupan dunia yang lebih spirituaL dan lebih manusiawi. Kekuatan Allah itu dititipkan sebagai fasilitas perjuangan kepada IMAM MAHDI – RATU ADIL dan PASUKANNYA. Alangkah berbahagia jika anda yang membaca tulisan ini bisa ambil bagian menjadi pasukan MALIKUL MUQSITH ini.

    Penulis sebelumnya adalah orang yang skeptis akan RATU ADIL yang menurut penulis itu Cuma MITOS. Tetapi petunjuk mimpi yang beruntun sebanyak 7 kali dalam kurun waktu th. 2005 – 2007, telah merubah pandangan dan keyakinan penulis secara drastis dan radikal – karena disetiap mimpi, gambarannya begitu jelas dan gamblang. Serta “ndilalah” semua informasi dari ketujuh petunjuk mimpi bisa terekam rinci dalam ingatan penulis. Selain berisi banyak informasi, petunjuk mimpi itu juga memberi beberapa terapi atau METODE PEMBERSIHAN JIWA TERBAIK MENURUT VERSI ALLAH SWT, sehingga berpengaruh dahsyat bagi lahir batin penulis.

    Tulisan ini adalah media bagi penulis untuk berbagi pengalaman dan mempromosikan keyakinan yang nyata. Dan semoga berguna sebagai sarana untuk menjembatani pemahaman masyarakat terhadap keberadaan Beliau yang sebenarnya memang nyata adanya. Penulis prihatin dengan banyaknya orang yang mengaku – aku menerima wahyu tanpa bisa memberi bukti kongkrit yang meyakinkan bahwa mereka (yang ngaku-ngaku itu) benar – benar menerima wahyu. Sebagai panduan agar masyarakat tidak dibodohi maka penulis ingin menginformasikan bahwa orang yang menerima wahyu :

    1. Kenal akrab dengan Malaikat Jibril sebagai Malaikat Penyampai Wahyu. Dan tahu secara rinci tentang Jibril- termasuk bunyi redaksi tasbih malaikat jibril kepada Allah.Begitu pula bacaan tasbih dari Malaikat – Malaikat yang lain, Imam Mahdi yang sanggup berkomunikasi dengan mereka pasti tahu bacaannya semua.

    2. Jika benar seseorang menerima wahyu, dia pasti juga mengalami pembersihan jiwa langsung dari Allah sebagaimana Nabi Muhammad mengalaminya. Mengapa ? karena untuk menerima wahyu suci, jiwa seorang penerima wahyu HARUS disucikan dulu oleh Dzat yang Maha Suci untuk sanggup menerima wahyu yang suci.

    3. Sebagai sesama penerima wahyu, seorang IMAM MAHDI atau apapun istilah dan namanya pasti sangat mengenal SELUK BELUK nabi – nabi sebelumnya yang juga menerima wahyu. Meskipun dalam konteks IMAM MAHDI wahyu yang turun bukanlah wahyu kenabian, tetapi pasti seorang IMAM MAHDI mengenal dengan rinci rahasia yang dimiliki Nabi Muhammad, begitu juga nabi – nabi sebelumnya. Sebagai cara untuk mengetes misalnya :
    a. Seorang IMAM MAHDI pasti tahu dan bisa menunjukkan bacaan tasbih Nabi Daud kepada Allah.
    b. Imam Mahdi pasti tahu hadist – hadist Nabi Muhammad yang di palsukan atau yang TAK PERNAH SAMPAI kepada kita karena sebab – sebab tertentu padahal dulu hadist itu benar – benar ada.
    c. Imam Mahdi pasti tahu kapan dan pada usia berapa Nabi Isa wafat, dan tahu bunyi doa yang dipanjatkan Nabi Isa saat diizinkan Allah menghidupkan orang yang sudah mati.

    4. Bila benar seorang RATU ADIL sejati yang menerima WAHYU KEPEMIMPINAN, dia pasti :
    a. Mengerti kunci untuk membuka harta karun NUSANTARA dan seluruh kekayaan alam yang berguna untuk membangun kemakmuran rakyat.
    b. Sanggup meluruskan sejarah perjalanan bangsa yang diputarbalikkan.
    c. Mengerti cara yang paling tepat dalam memimpin dan mengatur INDONESIA.

    Minimal pertanyaan – pertanyaan diatas jika bisa di jawab oleh siapa saja yang mengaku – aku dan ia bisa menunjukkan dengan meyakinkan, maka BER BAI’AT LAH karena seorang IMAM MAHDI yang sejati pasti bisa menjawab semua pertanyaan yang sangat mendasar dan eksistensial itu.
    Baiklah, kami kira masih banyak petunjuk mimpi yang tidak semuanya bisa saya ungkapkan-kecuali jika anda meyakini karena didorong oleh rasa pencarian sejati layaknya seorang pencari kebenaran ALLAH yang hakiki.

    Cukup sekian semoga tulisan ini bisa berguna……amin.
    Sekian..

    Tertanda,
    01’12’2007
    Sunan Kuning Penebar Pesona
    Indonesia

    Keyakinan lebih berharga dari kajian seribu kitab
    Wacana diatas bertujuan untuk menjembatani pemikiran rakyat, Terima kasih atas kesediaannya untuk menyebar luaskan informasi diatas.
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: