Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Bila Para Nabi dan Imam maksum, mengapa menangis dan beristigfar?

Posted by infosyiah pada 0, Mei 25, 2007

Soal: Bila Para Nabi dan Imam maksum, mengapa menangis dan beristigfar?

Jawab: Bila sebuah aula besar kita terangi dengan lampu remang-remang, maka hanya benda-benda besar yang dapat dilihat. Namun, pada ruang yang sama bila diterangi dengan lampu yang terang, maka hal-hal yang kecil pun dapat terlihat.

Orang biasa cahayanya kurang, oleh karena itu hanya dosa-dosa besar yang dilakukannya yang disadari. Berbeda dengan para Nabi dan Imam yang maksum dari dosa-dosa, cahaya mereka sangat terang, sehingga bila dalam kehidupan mereka ada kesempatan di mana mereka tidak berhasil mencapai derajat tertinggi, mereka langsung menangis dan berdoa kepada Allah.

Contoh lain, seseorang yang menyelonjorkan kakinya karena sakit, hukumnya tidak haram dan tidak pula makruh. Namun, pada saat yang sama, bila itu dilakukan di hadapan orang-orang ia sebelumnya meminta maaf. Karena ia menghormati mereka yang berada di sekelilingnya, bahkan untuk perkara-perkara mubah yang biasa dilakukan.

Contoh lain, terkadang seorang pembaca berita di tengah-tengah ia membaca, ia bersin. Pada saat itu juga ia meminta maaf kepada pemirsa, padahal bersin di tengah membaca berita bukanlah sebuah dosa dan kesalahan.

Para wali Allah di hadapan Allah memiliki pengetahuan terhadap-Nya seperti contoh-contoh di atas. Di mana agar seluruh jin dan manusia menyembah Allah pun, mereka senantiasa merasa bersalah.[infosyiah]

2 Tanggapan to “Bila Para Nabi dan Imam maksum, mengapa menangis dan beristigfar?”

  1. maulana-kun said

    apa dalil (al-Qur’an dan as-Sunnah ash-shahihah) bahwa para Imam itu maksum?

  2. Khairun Fajri said

    Ya tidak ada dalil kok..otodoksi pada syiah itu mengalami pertumbuhan sebagaimana ortodoksi pada sunni. Dengan demikian, kemaksuman imam itu lebih kepada apology defensif dalam menegaskan dan membangun ortodoksi dalam konteksnya dengan mazhab lain.

    Untuk diskusi lebih jauh..kalau allah melapangkan, mungkin kita dapat ngobrol lebih jauh.Silahkan lewat jaringan pribadi;husein_irun@yahoo.com. Semoga Allah memuliakan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: