Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Dukungan Muqtada Shadr atas Syiah Yaman

Posted by infosyiah pada 0, Mei 30, 2007

Dukungan Muqtada Shadr atas Syiah Yaman

Perubahan penting yang terjadi dalam tiga hari terakhir krisis Yaman dapat diurut dalam beberapa poin di bawah ini:

1. Setelah tuduhan berulang-ulang dari pihak Yaman terkait dengan campur tangan Iran dalam masalah krisis Sa’da, Jubir Kementrian Luar Negeri Iran mengeluarkan pernyataan sambil menunjukkan keterkejutannya dengan sikap Yaman selama ini. Huseini menyebutkan, Berulang-ulang kali Iran menyatakan bahwa apa yang terjadi di Sa’da murni urusan dalam negeri Yaman. Apa yang dikatakan oleh beberapa pejabat Yaman dan terakhir ucapan dari Menteri Dalam Negeri Yaman tidak sesuai dengan realita.

Huseini sangat berharap pejabat Yaman dapat menyelesaikan krisis yang terjadi di negaranya dengan cara-cara damai dan tidak perlu mengadu domba dan menuduh negara lain. Jubir Kementrian Luar Negeri Iran menyebutkan bahwa Iran senantiasa sahabat Yaman dari dulu hingga sekarang. Ia menambahkan, hubungan baik ini akan dapat tetap terjaga dengan tidak mudah menuduh negara lain.

2. Pernyataan Muqtada Shadr dalam salat Jumat di Kufah disorot secara negatif oleh kelompok-kelompok politik yang berafiliasi ke pemerintah Yaman. Ketidaksenangan mereka karena pernyataan dukungan Muqtada Shadr terhadap Syiah Yaman dan jawaban langsung Iran terhadap pernyataan Menteri Dalam Negeri Yaman. Muqtada Shadr meminta kepada PBB, Persatuan Arab dan dunia internasional agar turut campur dalam krisis Yaman. Perwakilan Muqtada Shadr di Beirut dalam wawancaranya dengan Aljazeera menyebutkan dukungan pasukan al-Mahdi terhadap pendukung al-Hautsi.

3. Perjalanan Syaikh Abdullah al-Ahmar pemimpin kabilah terbesar di Yaman ke Arab Saudi guna pengobatan dilakukan tanpa pemberitaan media. Syaikh al-Ahmar setelah tiga tahun berdiam diri setelah mendapat dukungan dari kabilah-kabilah yang ada akhirnya bersedia membantu pasukan pemerintah. Pamor politiknya kemudian menurun dengan sikapnya ini. Karena kebanyakan kabilah di Sa’da tidak mau mencampuri urusan krisis Sa’da. Di samping itu, bantuan Syaikh al-Ahmar kepada pasukan pemerintah sampai saat ini tidak mengubah apapun. Itulah mengapa masa depan politik Syaikh al-Ahmar dan anak-anaknya menjadi tidak menentu.

4.Di medan pertempuran, peperangan sengit tetap berlanjut. Pasukan elit Yaman menggantikan pasukan sebelumnya di bukit Razih. Pada hari Jumat kemarin di gunung Syawabah di kawasan Razih, puluhan anggota pasukan elit ini yang tewas dan luka-luka. Sementara itu puluhan lainnya luka-luka dan tewas dalam pertempuran di kawasan Alu al-Shaifi dan Ketaf.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Dukungan Muqtada Shadr atas Syiah Yaman”

  1. yus said

    goood, hidup syi`ah !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: