Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Pembuatan film Salman al-Farisi

Posted by infosyiah pada 0, Juni 6, 2007

Pembuatan film Salman al-Farisi

Film Salman al-Farisi salah seorang sahabat mulia Nabi Muhammad saw dengan berlandaskan sejarah Islam akan segera dibuat.

Kantor berita IRNA melaporkan, skenario film Salman al-Farisi berlandaskan sejarah Islam telah dimulai oleh Departemen Budaya Asosiasi Perfilman Farabi. Asosiasi Perfilman Farabi untuk tahun ini lebih memfokuskan pembuatan film-film yang menonjolkan tokoh-tokoh keagamaan.

Sekaitan dengan Salman al-Farisi yang biasa dipanggil sebagai Ibnu al-Islam ini, oleh Ibnu Asakir dalam buku Tarikh Damesyq menyebutkan, Salman al-Farisi kunyahnya adalah Abu Abdillah. Ia berasal dari daerah Ramhourmuz di propinsi Khuzestan atau berasal dari daerah Isfahan di sebuah desa bernama JI. Ayahnya adalah seorang petani.

Ayahnya beragama Zoroaster. Salman juga beragama yang sama dengan ayahnya sampai ia kemudian berpindah agama memilih Kristen. Setelah beberapa waktu kemudian ia mulai mengenal agama Yahudi. Saat itulah dia memeluk Yahudi dan menjadi budak seorang Yahudi yang kemudian dibawa ke Madinah.

Ketika Nabi Muhammad saw dan sahabat-sahabatnya melakukan hijrah ke Madinah, ia mulai mengenal agama Islam. Ia akhirnya memeluk agama Islam di hadapan Nabi Muhammad saw. Nabi kemudian mengadakan perjanjian dengan pemilik Salman agar ia bekerja dan upahnya untuk memerdekakan dirinya.

Dalam perang Khandaq, Salman merupakan salah seorang arsitek asli perang ini. Hampir dalam semua perang yang dilakukan oleh Nabi diikutinya bahkan setelah Nabi meninggal pun ia bersemangat untuk mengikuti perang.

Salman al-Farisi sejak lama mendambakan untuk menemui Nabi yang dijanjikan. Keterasingannya akhirnya hilang dan ia menemukan dirinya pada pribadi Nabi Muhammad saw. Semenjak saat itu, seluruh kecintaannya dipasrahkan kepada Nabi Muhammad saw dan keluarganya, terutama kepada Imam Ali as.

Kuburan Salman al-Farisi berada di daerah Madain Irak. Dalam aksi pemboman yang dilakukan oleh kelompok teroris dengan meledakkan Haram dua Imam di Samurra, kuburan Salman al-Farisi juga ikut terkena pecahan ledakan mortir.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: