Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Medan pertempuran baru di Yaman

Posted by infosyiah pada 0, Juni 9, 2007

Medan pertempuran baru di Yaman

Situs Aleshteraki melaporkan, kekuatan pasukan al-Hautsi menyerang asrama tentara di propinsi al-Jauf dan kantor gubernuran al-Jauf. Propinsi al-Jauf berada di sebelah Timur Sa’dah dan berbatasan dengan Arab Saudi. Al-Jauf merupakan salah satu daerah paling miskin di Yaman. Struktur masyarakatnya dikuasai oleh sistem kabilah. Lebih dari 450 ribu penduduk propinsi ini bermazhab Syiah Zaidiyah. Mazhab Syiah Itsna ‘Asyariyah termasuk minoritas dan melakukan aktivitasnya di sebagian propinsi ini. Kehadiran pemerintah di daerah ini hanya diwakili oleh sebuah gedung yang mengurusi administrasi dan asrama tentara. Dapat dikatakan bahwa daerah ini tidak dikuasai oleh negara Yaman. Yang berkuasa adalah para kabilah bersenjata yang hidup di sana.

Dalam aksi penyerangannya, pengikut al-Hautsi berhasil menyerang dan menguasai tempat pengecekan yang dimiliki oleh pusat keamanan Yaman di daerah al-Salamat. Serangan ini menewaskan dua orang tentara dan lima lainnya luka-luka.

Berdasarkan informasi yang sampai, di minggu-minggu terakhir ini sebuah kelompok dari pasukan al-Hautsi terlihat di masjid-masjid di daerah al-Jauf al-Ali. Mereka meneriakkan slogan-slogan; mampus Amerika dan mampus Israel. Informasi ini juga melaporkan bahwa pegunungan al-Jauf al-Ali dipakai sebagai kamp pelatihan militer bagi anggota pasukannya. Meluasnya medan pertempuran sampai ke daerah al-Jauf menunjukkan kekuatan pengikut al-Hautsi dalam mengatur strategi perang.

Di daerah Dhahyan, pasukan pemerintah dengan dukungan pesawat tempur dan tank melakukan penyerangan menghancurkan kota Dhahyan. Sejak dimulainya konflik bersenjata hingga sekarang, kota ini berhasil bertahan dari lebih dari 30 serangan hebat tentara Yaman. Perlawanan gigih yang ditunjukkan oleh pengikut al-Hautsi berhasil membendung keinginan tentara Yaman untuk memasuki kota.

Sebelum dimulainya perang Sa’dah, ulama Syiah Zaidiyah memiliki banyak hauzah ilmiah dan mereka sangat aktif di Dhahyan. Selain beberapa masjid, lebih dari seribu rumah rusak akibat perang. Hampir seluruh dari penduduk daerah ini adalah Thaba’thaba’i keturunan dari Imam Hasan al-Mujtaba as. Mereka terpaksa meninggalkan rumah-rumah mereka.

Hari selasa lalu, Kolonel Saleh Abu Alabah salah satu komandan perang bersama lima orang yang bersamanya tewas dalam baku tembak sengit di daerah Abu Ma’adz. Korban yang jatuh di pihak tentara diperkirakan puluhan orang dan mereka yang terluka segera dilarikan ke San’a dengan helikopter. Pada hari selasa lalu, tentara Yaman bersikeras untuk dapat memasuki daerah Abu Ma’adz, namun setelah mendapat perlawanan gigih dari pengikut al-Hautsi mereka akhirnya harus mundur.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: