Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Salat dengan tayammum, membelakangi kiblat, di dalam mobil yang tengah bergerak

Posted by infosyiah pada 0, Juni 11, 2007

Salat dengan tayammum, membelakangi kiblat, di dalam mobil yang tengah bergerak

Putri Imam menuturkan:

“Imam bercerita kepadaku, “Ketika aku ditangkap di Qom dan dibawa ke Teheran dengan mobil, di pertengahan jalan aku berkata kepada mereka yang membawaku, Aku belum melakukan salat. Tolong carilah sebuah tempat di mana aku bisa berwudu dan kemudian salat. Mereka menjawab, Kami diperintahkan untuk membawa anda langsung ke Teheran dan tidak boleh berhenti dengan alasan apapun. Kujawab, Bukankah kalian bersenjata lengkap? Apa yang kalian takutkan dari diriku? Jumlah kalian pun banyak sementara aku hanya seorang diri. Aku tentu tidak bisa melakukan apapun di hadapan kalian. Jawaban mereka tetap sama.

Akhirnya, kupikir bahwa tidak ada gunanya memohon kepada mereka. Kuputuskan untuk salat di atas mobil. Ku katakan, “Baiklah, aku tidak akan memaksa kalian, tapi setidak-tidaknya berhentilah sebentar agar aku dapat bertayammum. Permintaanku dituruti oleh mereka namun tidak untuk turun dari kendaraan. Aku kemudian merunduk dari mobil sehingga tanganku menyentuh tanah lalu bertayammum. Setelah itu aku melakukan salat. Salat di dalam mobil yang tengah bergerak menuju Teheran. Tentu saja aku tidak menghadap kiblat bahkan membelakanginya.

Aku selalu berharap semoga dua rakaat salat yang kulakukan karena kondisi yang sulit itu diterima oleh Allah.” (Majalle-ye Payame zan, vol 3, Khurdad 1371)[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: