Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

San’a akan melanjutkan perang dengan Syiah Yaman

Posted by infosyiah pada 0, Juni 13, 2007

San’a akan melanjutkan perang dengan Syiah Yaman

Perseteruan antara Pemerintah Yaman dan orang-orang Syiah Yaman sudah sangat dalam. Sehingga sekalipun ada pihak ketiga yang berniat menengahi konflik yang terjadi, perdamaian itu hanya akan bertahan sementara. Hanya dengan alasan kecil, api peperangan akan kembali berkobar.

Oleh karena itu, Ali Abdullah Saleh lebih memilih untuk menyelesaikan urusan ini sesegera mungkin dan tidak mengundur-undurkannya lagi. Bila saat ini tentaranya berhasil menghancurkan kekuatan pengikut al-Hautsi, ia tidak akan lagi disibukkan dengan memikirkan gencatan senjata dan perundingan damai. Karena itu berarti mengakui keberadaan dan keabsahan gerakan mereka selama ini. Pemerintah harus memikirkan kembali tuntutan mereka selama ini. Itulah mengapa perang akan terus berlangsung tanpa tahu kapan berakhir.

Setelah pengikut al-Hautsi dalam strateginya keluar dari kota al-Qal’ah ibu kota kawasan Razih, pemerintah Yaman memiliki harapan untuk memenangkan peperangan. Untuk itu, dua hari lalu dan kemarin, mereka melakukan serangan besar-besaran dari udara dan darat ke kantong-kantong perlawanan pengikut al-Hautsi. Perjuangan dan perlawanan gigih ditunjukkan oleh pengikut al-Hautsi yang memaksakan kerugian dan korban di pihak tentara Yaman:

1. Di atas puncak gunung al-Azd dan al-Syawariq yang berada di dataran tinggi Razih terjadi baku tembak sengit antara kedua pasukan. Dalam kontak senjata itu, tentara Yaman menurunkan pasukan elitnya yang dihadang secara gigih oleh pengikut al-Hautsi yang mengakibatkan 15 orang anggotanya tewas dan 32 tentara luka-luka.

2. Kolonel Saleh Ali Sabulah tewas dalam pertempuran sengit di front Alu al-Shaifi.

3. Syaikh Muhammad Dahbash salah satu pemimpin kabilah Yaman pro pemerintah tewas dalam perang yang terjadi di daerah Qatharib. Pasukannya baru saja mengikuti pemerintah Yaman untuk memerangi orang-orang Syiah di Sa’dah.

4. Pagi hari Senin kemarin, terjadi kontak senjata di kota dalam Sa’dah.

5. Para pejuang Syiah di daerah-daerah Razih, Ghamar, Syida, Saqin, Heidan, Baqum, Kattaf, Majz, al-Shafra’, Sahar dan Qathabir menghadapi tentara Yaman yang dibantu oleh kabilah-kabilah pro pemerintah. Pesawat tempur pemerintah tidak henti-hentinya membom daerah-daerah itu.

6. Buldoser tentara Yaman menghancurkan rumah-rumah penduduk di kawasan Alu Mazru’.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: