Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Al-Hautsi menyambut gembira usulan gencatan senjata

Posted by infosyiah pada 0, Juni 17, 2007

Al-Hautsi menyambut gembira usulan gencatan senjata

Kesiapan tentara Yaman untuk menerima gencatan senjata disambut gembira oleh Abdul Malik Badruddin al-Hautsi. Abdul Malik mensyaratkan bahwa ia akan menerima hal itu bila tentara serius ingin melakukan gencatan senjata. Bila keseriusan itu ditunjukkan, maka ia dan pengikutnya akan menahan diri di setiap front yang ada. Pasukannya tidak akan menyerang tentara pemerintah kecuali mereka akan melindungi dirinya dari serangan yang mungkin dilancarkan.

Situs www.26sep.net milik Kementrian Pertahanan Yaman pada hari Rabu kemarin mengumumkan kesiapan angkatan bersenjata untuk melakukan gencatan senjata dengan pasukan al-Hautsi di propinsi Sa’dah. Syarat yang diajukan adalah Abdul Malik al-Hautsi harus mengumumkan tidak akan melakukan kekacauan.

Pada sore hari Kamis, ada pertemuan penting di gedung kepresidenan yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan, Menteri Dalam Negeri dan para komandan perang. Dalam pertemuan ini dibicarakan perkembangan terakhir perang dan hasil-hasilnya.

Menurut sumber-sumber berita yang berafiliasi ke pemerintah, angkatan bersenjata Yaman menginginkan segera dilakukan gencatan senjata dengan syarat Abdul Malik tidak lagi melakukan perusakan dan menaati undang-undang negara Yaman. Pengikut al-Hautsi hendaknya meletakkan senjata, turun gunung dan meninggalkan tempat-tempat persembunyiannya. Mereka harus kembali ke tempat asalnya untuk memulai kehidupannya seperti anggota masyarakat yang lain.

Pemerintah berjanji untuk membangun kembali daerah-daerah yang rusak akibat perang dan berusaha untuk mengubah image yang buruk akibat perang selama ini. Sebelumnya, pemerintah telah meminta kepada pengikut al-Hautsi agar menyerahkan diri, namun pada kali ini, syarat itu ditiadakan.

Para analis melihat bila pihak-pihak yang menginginkan terjadi perang saudara tetap berkobar tidak melakukan aksi-aksi, maka gencatan senjata itu dapat terjadi secepatnya. Begitu juga keseriusan pihak pemerintah sangat berpengaruh dalam hal ini.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Al-Hautsi menyambut gembira usulan gencatan senjata”

  1. abu fadl said

    Alhamdulillah. Semoga pertumpahan darah sesama warga Yaman dan sesama muslim cepat berakhir dan perdamaian sejati tercipta sehingga Yaman bisa membangun kembali masyarakat dan negerinya. Ya Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: