Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Setelah gencatan senjata konflik Yaman

Posted by infosyiah pada 0, Juni 20, 2007

Setelah gencatan senjata konflik Yaman

Pada hari Minggu media Yaman massa dalam dan luar negeri memuat teks gencatan senjata antara pengikut al-Hautsi dan pemerintah Yaman dalam 9 poin. Sebagai pihak penengah adalah negara Qatar.

Poin-poin yang disetujui oleh kedua belah pihak sebagai berikut:

1. Dihentikannya peperangan dan Abdul Malik al-Hautsi dan pengikutnya harus setia dengan sistem negara Yaman dan menaati UUD serta undang-undang lainnya yang berlaku di Yaman.

2. Penghentian tindak keonaran, pengampunan umum, pembebasan mereka yang ditangkap, kecuali mereka yang resmi ditetapkan bersalah oleh pengadilan, pengidentifikasian mereka yang hilang, pengobatan para korban perang dan dikembalikannya jasad mereka yang meninggal ke keluarganya.

3. Keadaan dikembalikan seperti sedia kala. Mereka yang tertipu untuk ikut dalam perang agar segera kembali ke daerahnya masing-masing dan hidup seperti masyarakat lainnya.

4. Kekuasaan pemerintah di kawasan perang sama seperti di daerah yang lain.

5. Senjata sedang dan amunisinya diserahkan kepada pemerintah.

6. Kebebasan berpikir dan berpendapat antara lain kebebasan mendirikan partai politik berlandaskan UUD dan peraturan pemerintah.

7. Abdul Malik al-Hautsi, Yahya al-Hautsi, Abdul Karim al-Hautsi dan Abdullah ‘Idhah al-Razzami harus pergi ke Qatar. Selama di sana mereka tidak boleh melakukan aktivitas yang melawan pemerintah. Tanpa persetujuan Yaman mereka tidak boleh meninggalkan Qatar.

8. Seluruh upaya media yang berusaha memprovokasi agar segera dihentikan.

9. Pemerintah Yaman harus segera membangun kawasan yang hancur dan mengganti kerugian akibat perang. Pemerintah Qatar dalam proses pembangunan daerah korban perang harus membantu pemerintah Yaman dalam bentuk pendanaan. Negara-negara Arab dan sahabat dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan Yaman dapat ikut dalam pendanaannya.

Poin ke sepuluh adalah pembentukan komite politik dari DPR dan Dewan Syura yang akan diumumkan di kemudian hari. Ketua komite ini dipegang oleh Muhsin al-‘Alafi wakil ketua parlemen Yaman dan anggota-anggota komite ini dari ketua-ketua komisi dari dua badan ini. Dalam beberapa hari ke depan, komite ini akan mengawasi pelaksanaan ke sembilan poin yang telak disepakati di atas.

Anggota komite ini sebagai berikut:

1. Abdurrahman Bafadhl anggota DPR

2. Yasir al-‘Iwadhi anggota DPR

3. Sulthan al-‘Athwani anggota DPR

4. Idrus al-Naqib anggota DPR

5. Nashir ‘Iraman anggota DPR

6. Husein Muhammad Arab anggota Dewan Syura

7. Shadiq Abdullah bin Husein al-Ahmar anggota Dewan Syura

8. Ahmad Muhammad al-Syami anggota Dewan Syura

9. Muhammad Syarif Jarullah anggota Dewan Syura

Dari kesembilan anggota komite ini hanya tiga orang yang berasal dari kelompok yang kontra pemerintah; Abdurrahman Bafadhl, Sulthan al-‘Asthwani dan Idrus al-Naqib. Sementara itu, Allamah Ahmad Muhammad al-Syami penasehat presiden yang berasal dari mazhab Zaidiyah dan garis politiknya lebih moderat. Sementara 5 anggota lainnya terlebih-lebih Syaikh Shadiq al-Ahmar anak Syaikh Abdullah al-Ahmar dengan kecenderungan Wahabi/Salafi dalam perang sebelumnya ikut mengirim pasukannya membela pemerintah melawan pengikut al-Hautsi.

Dengan melihat kombinasi keanggotaan komite ini, kemungkinan bertahannya gencatan senjata menjadi semakin kecil dan keberuntungan Qatar sebagai pihak penengah juga sangat rendah. Karena kecenderungan membela pemerintah dari anggota komite sudah terlihat dan tentunya ke depannya segalanya akan lebih menguntungkan pihak pemerintah.

Syaikh Hamad bin Jasem Alu Tsani Perdana Menteri Qatar dalam wawancaranya mengatakan bahwa untuk menggolkan surat perjanjian adalah sangat sulit dan akan  lebih sulit lagi pelaksanaannya.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Setelah gencatan senjata konflik Yaman”

  1. goes very said

    perlu sebuah gambar,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: